Pendidikan & Kesehatan

Sembuh dari Covid-19, Kadinkes Kabupaten Mojokerto Kembali Kerja

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Sujatmiko. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Dua pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mojokerto sembuh setelah menjalani perawatan secara intensif. Salah satunya adalah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, dr Sujatmiko yang sudah mulai masuk kerja.

Mantan Direktur RSUD Prof Dr Soekandar ini sempat tercatat sebagai pasien positif 05. Warga Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto ini menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan terpapar virus Covid-19 sejak rapid test tanggal 14 April 2020 lalu. Uji swab ketiganya, Sabtu (23/5/2020) kemarin menunjukkan hasil negatif.

“Sesuai protap penanganan Covid-19, jika sudah dua kali hasil negatif, berarti sudah bisa pulang. Perpanjangan itu (isolasi perpanjangan 14 hari, red) kan untuk njagani (menjaga, red) barangkali masih ada virus yang masih menempel meskipun hanya satu,” ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Sujatmiko, Selasa (26/5/2020).

dr Jat (panggilan akrab, red) dinyatakan sembuh sejak swab negatif pertama yang keluar pada tanggal 5 Mei 2020 lalu. Namun hasil tersebut belum bisa menyatakan dirinya terbebas karena ia masih harus memperpanjang masa isolasi mandiri untuk memastikan sudah tidak ada lagi virus yang tersisa di paru-parunya.

“Meski sudah dinyatakan sembuh tapi standar protokol kesehatan masih saya lakukan. Memakai masker, menyemprotkan hand sanitizer hingga menjaga jarak, termasuk membatasi komunikasi saat masa lebaran saat ini. Saya tidak menerima kunjungan bersama kerabat dan keluarga untuk silaturahmi,” katanya.

Termasuk saat aktif bekerja di kantor mulai, Selasa hari ini. Hal ini terpaksa dilakukan untuk meminimalisir penularan di masa pandemi yang terus menunjukkan trend kenaikan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mojokerto. Hingga tanggal 25 Mei 2020 jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mojokerto sebanyak 29 orang.

“Kalau tidak ada urusan sangat penting, lebih baik di rumah saja,” tegasnya.

Sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto kembali mencatat adanya tambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Update per tanggal 25 Mei 2020, jumlah pasien terkonfirmasi positif bertambah lima orang sehingga total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mojokerto sebanyak 29 orang.

Dengan rincian, 26 pasien dalam perawatan, dua orang telah dinyatakan sembuh dan satu pasien meninggal dunia.[tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar