Pendidikan & Kesehatan

Semangat Mengabdi Tak Surut di Tengah Pandemi

Surabaya (beritajatim.com) – Bina Desa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) merupakan program Badan Eksekutif Mahasiswa FST Universitas Airlangga (Unair). Program ini fokus pada kegiatan pengabdian masyarakat dan pengaplikasian Ilmu yang telah didapat.

Karena pandemi, Bina Desa yang seharusnya dilakukan di desa binaan FST yaitu Desa Gumeng, Kecamatan Gondang, Mojokerto akhirnya diganti konsep menjadi Seminar Pengabdian dan Pengabdian Daerah.

Seminar dengan tema “Milenial Beraksi: Menabur Manfaat dan Memupuk Kasih di Tengah Badai Negeri”, Sabtu (15/08/2020), ini merupakan bentuk semangat untuk menggugah rasa mengabdi walau di tengah kondisi serba terbatas.

Bilal, Ketua Bina Desa mengungkapkan, di masa pandemi seperti ini, banyak yang mulai kehilangan semangat mengabdinya. Ia berharap adanya seminar ini, bisa meningkatkan motivasi pengabdian dan mendapatkan gambaran kegiatan pengabdian dengan lebih luas, walaupun di tengah situasi seperti sekarang.

“Selain memberikan motivasi untuk mengabdi, seminar pengabdian online ini juga kami maksudkan untuk memodali rencana mengabdi bagi para peserta juga panitia ataupun me-recharge inovasi dalam mengabdi pada keadaan yang akan datang untuk masyarakat Indonesia yang lebih baik,” ungkap Ketua Bina Desa.

Ditengah pandemi, kegiatan pengabdian masyarakat sangat dibutuhkan. Selain pengaplikasian ilmu, mahasiswa dipercaya sebagai motor penggerak. “Urip iku urup adalah salah satu pesan masyarakat dari tanah jawa yang berarti hidup itu menebar cahaya (kebermanfaatan),” jelasnya.

“Ini adalah pesan yang saya sampaikan ke masyarakat luas. Jika kita tidak memberi kebermanfaatan kepada sesama, terkadang esensi hidup seseorang bisa menghilang. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, pengabdian masyarakat sangatlah dibutuhkan,” tutupnya. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar