Pendidikan & Kesehatan

Selama Pandemi Covid-19, 93 Orang Nakes di Kabupaten Mojokerto Terpapar

Kabid P2P Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra.

Mojokerto (beritajatim.com) – Kasus Covid-19 di Kabupaten Mojokerto yang menyerang tenaga kesehatan (nakes) terbilang cukup tinggi. Sejak pandemi melanda, mereka yang bertugas di fasilitas kesehatan (faskes) di bawah naungan Dinas Kesehatan (Dinkes) yang dinyatakan terpapar telah mencapai 93 orang.

Sebanyak 93 orang yang dinyatakan terpapar Covid-19 tersebut berstatus dokter, perawat, bidan hingga petugas tata usaha (TU). Dinkes Kabupaten Mojokerto menyebut, persebaran kasus virus corona memang sudah menyebar dari perkantoran pelayanan masyarakat hingga nakes di beberapa faskes yang ada.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra mengatakan, Dinkes Kabupaten Mojokerto mencatat ada 93 orang nakes yang terpapar Covid-19. “Rata-rata mereka yang terpapat ditugaskan di bagian pelayanan,” ungkapnya, Kamis (8/10/2020).

Sehingga mereka rentan terlibat tatap muka atau kontak erat dengan masyarakat umum dan pasien. Masih kata dr Langit, munculnya klaster pada nakes tersebut disinyalir memang tertular dari pasien dan keluarga pasien. Seperti yang terjadi di Puskesmas Puri, Puskesmas Trowulan, Puskesmas Jatirejo dan Puskesmas Kutorejo beberapa waktu lalu.

“Seperti di Puskesmas Jatirejo, ada 10 nakes dinyatakan positif Covid–19. Dari hasil tracing, persebaran ini diketahui berawal dari salah satu pasien rawat inap yang ternyata positif Covid-19. Ini diketahui setelah pasien dirujuk ke rumah sakit dan dilanjutkan test swab dan hasilnya diketahui memang terkonfirmasi positif,” katanya. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar