Pendidikan & Kesehatan

Selama Karantina, Begini Aktivitas WNI dari Wuhan di Natuna

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 243 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Hubei, China, yang saat ini menjalani karantina di Pangkalan Militer Natuna, Kepulauan Riau, rupanya merasa lebih bahagia dari pada tertahan di Wuhan, Senin (3/2/2020).

Setiba di Pangkalan Militer Natuna, Minggu (2/2/2020) kemarin, mereka belum diizinkan keluar hanggar. Mereka hanya diizinkan untuk melakukan aktivitas di dalam hanggar karantina yang sudah disediakan.

Menurut salah satu tim medis TNI, bukan hanya WNI, bahkan tim medis penjemputan pun ternyata tidak diizinkan melakukan aktivitas yang tidak perlu di luar hanggar. “Awalnya kami pikir, kami (tim medis,red) diizinkan keluar hanggar sesukanya. Tetapi kami kemarin juga dikarantina di dalam hanggar,” ungkap dokter yang tidak ingin namanya dipublikasikan kepada beritajatim.com.

Namun, pagi ini, WNI diajak oleh tim Kemenkes untuk keluar hanggar, menikmati matahari pagi dan melakukan senam bersama. Kemudian mereka diizinkan mandi dan sarapan di dalam hanggar. “Hari ini teman-teman WNI ya melakukan kegiatan harian seperti biasa. Hanya kegiatan luar hanggar diatur jadwal, tadi pagi mereka senam di luar hanggar sama Tim dari Kemenkes. Mereka antusias sekali,” tambahnya.

Sementara selama masa karantina mereka melakukan kegiatan di dalam hanggar seperti biasa hanya saja akses telekomunikasi dibatasi. Dari data yang dihimpun beritajatim.com, WNI dari Wuhan ini tidak diizinkan membawa telepon seluler serta kegiatan mereka dipantau ketat. “Boleh melakukan apapun di dalam hanggar asal tidak melanggar norma susila dan etika,” pungkasnya. [adg/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar