Pendidikan & Kesehatan

Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Sekolah Tatap Muka Kembali Berlangsung di Kota Malang

Wali Kota Malang Sutiaji meninjau sekolah tatap muka.

Malang (beritajatim.com) – Kota Malang kembali mebuka sekolah dengan metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Malang nomor 15 Tahun 2021. Sekolah mulai Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) diperbolehkan kembali buka asal menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

Wali Kota Malang, Sutiaji meninjau langsung beberapa sekolah yang menerapkan PTMT. Diantaranya, SD Negeri 1 Kauman Malang, SD Muhammadiyah 1 Malang, SMP Negeri 6 Malang, dan SMP Negeri 3 Malang. Alasan utama pembukan sekolah karena guru di Kota Malang sudah mengikuti vaksinasi sebanyak dua kali.

“Pengendalian Covid-19 sudah terpantau dengan baik dan semua guru di Kota Malang sudah 2 kali suntik vaksin. Jadi harapannya antibodinya sudah terbentuk, sehingga bisa melayani dengan baik anak-anak muridnya dalam sekolah tatap muka ini,” kata Sutiaji, Senin, (19/4/2021).

Kepala Sekolah SMPN 6 Malang, Risna Widyawati mengatakan untuk menyukseskan PTMT mereka mengetatkan prokes. Seperti, cek suhu tubuh sejak di depan sekolah, menggunakan hand sanitizer, mencuci tangan dengan sabun, dan dilarang berkerumun.

“Jadwal pembelajaran mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB siang. Durasi istirahat 30 menit. Kita pakai kurikulum baru. Istirahatnya hanya sekali, dan itu tetap di dalam kelas dan guru harus mendampingi, tidak boleh keluar,” kata Risna.

Siswa yang ikut PTMT adalah siswa kelas 7 dan 8, sebab siswa kelas 9 sudah selesai pembelajaran. Penerapannya menggunakan sistem ganjil genap sesuai absensi sekolah, karena yang masuk sekolah separuh dari jumlah siswa di kelas.

“Sehingga tiap anak masuk sekolah 2 sampai 3 hari dalam seminggu. Ada beberapa catatan wali kota tentu kami perbaiki ke depannya, semoga kegiatan sekolah tatap muka ini bisa berjalan dengan baik sampai seterusnya,” tandasnya. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar