Pendidikan & Kesehatan

PPDB Kabupaten Gresik

Sekolah SMPN Favorit di Gresik Tetap Diserbu

Gresik (beritajatim.com) – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur prestasi sudah ditutup, hari ini Rabu (15/5). Selajutnya, PPDB mandiri jalur zonasi baru akan dibuka 20 hingga 22 Mei nanti. Diprediksi sekolah favorit tetap diserbu.

SMP favorit yang diserbu SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 2 Gresik. Ketiga sekolah tersebut masih tetap diserbu. Apalagi siswa diperbolehkan memilih tiga sekolah sekaligus asal masih berada dalam zonasi.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Gresik Nur Maslicha mengatakan, sekolah di wilayah kota kemungkinan akan sama-sama membludak. Pasalnya, letaknya yang tidak terpaut jauh menjadi alasannya.

“Terkait dengan PPDB siswa boleh memilih tiga sekolah asal masih satu zonasi,” ungkapnya.

Membludaknya pendaftar di sekolah kota. Biasanya, menyebabkan ada sekolah yang kekurangan siswa dari total pagu yang tersedia. Hal ini biasa terjadi di wilayah pinggiran.

“Adanya kekurangan pagu itu, zonasi yang tadinya 5 kilometer bisa diperluas. Dengan catatan masih ada sisa pagu di sekolah terdekat,” imbuhnya.

Tahun ini Dinas Pendidikan juga membuka PPDB baru untuk SMPN 33 Gresik. Pagunya 96 siswa. Karena gedung sekolahnya belum ada, PPDB akan dilaksanakan di SDN 1 Bambe, Driyorejo, Gresik.

Untuk pemenuhan pagu di SMPN 33 Gresik itu, Disdik Gresik yakin akan banyak peminat. Pasalnya, di wilayah Kecamatan Driyorejo hanya ada satu SMP negeri. Sedangkan siswa yang mendaftar mencapai 1.000 lebih. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar