Pendidikan & Kesehatan

Sekolah di Kota Malang Segera Tatap Muka, Ada Syarat 3 M

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang sedang mematangkan rencana pembukaan kembali sekolah pada jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Segala persiapan telah dikerjakan, sebelum sekolah kembali dibuka dengan metode tatap muka.

Persiapan yang dimaksut berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tentang disiplin 3 M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. Anggarannya sedang dipersiapkan untuk menyongsong kebiasaan baru.

“Kita sudah siapkan, kami juga sudah berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan untuk kesiapannya. Jadi yang kita siapkan mulai dari anggaranya, untuk masker, hand sanitizernya, thermogun dan lain-lain,” ujar Wali Kota Malang, Sutiaji, Sabtu, (10/10/2020).

Sutiaji mengatakan, ada standar operasional prosedur (SOP) yang harus dijalankan oleh sekolah saat metode tatap muka kembali diterapkan. SOP sedang dimatangkan, salah satunya adalah kewajiban bermasker dan siswa harus diantar dan dijemput oleh orangtua.

“SOP-nya itu seperti kapasitas kelasnya dibatasi separuhnya. Jam pelajaran di kelas juga dipangkas separuh. Selalu pakai masker dan diantar jemput orangtua,” ucap Sutiaji.

Sementara berkaitan dengan anggaran, akan disiapkan untuk pengadaan thermo gun. Jumlah yang disediakan 4 ribu thermo gun, dan akan dibagikan ke sejumlah sekolahan. Kemudian penambahan jumlah westafel. Saat ini hampir semua sekolah memiliki westafel namun jumlahnya akan ditambah.

“Sudah kami siapkan, westafel sekarang sudah dalam tahap proses pengerjaan. Selama ini kan ada westafel, tapi kami tambah lagi. Untuk thermo gunnya sudah kami siapkan semua sekitar 4 ribu nanti akan didistribusikan,” tutur Sutiaji. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar