Pendidikan & Kesehatan

Adanya Alat Donor Plasma Convalesen,

Sehari UDD PMI Bojonegoro Bisa Sediakan Sekitar 10 Kantong Plasma

Mesin apherisis di UDD PMI Bojonegoro dipakai donor plasma convalesen.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro sudah memiliki mesin apherisis. Mesin tersebut berfungsi untuk memisahkan antara sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma convalesen.

Plasma convalesen merupakan plasma darah yang diambil dari penyintas atau pasien Covid-19 yang telah sembuh lalu diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi Virus SARS CoV-2. Plasma convalesen dinilai yang masih efektif untuk terapi pasien Covid-19.

Ketua Tim Pelaksana Donor Plasma Convaselen UDD PMI Bojonegoro, dr Imam Sutrisno mengatakan, denyan adanya mesin apherisis ini diharapkan adanya kesadaran masyarakat khususnya penyintas Covid-19 agar mau menyumbangkan plasma convalesen untuk mengurangi resiko pasien gagal tertangani.

“Kemarin ada 12 kantong plasma convalesen dan sudah didistribusikan semua. Sebelum punya alat sendiri kita tidak bisa hitung per hari bisanya per bulan karena harus kirim pendonor ke luar kota,” ujarnya, Jumat (23/7/2021).

Meningkatnya jumlah pasien Covid-19 belakangan kata dia, juga mempengaruhi banyaknya permintaan plasma convalesen. Setelah adanya mesin sendiri ini, diperkirakan donor plasma convalesen akan lebih mudah dan cepat.

“Satu pendonor memerlukan wktu 45 menit hingga 1,5 jam untuk proses persiapan dan pengambilan darah ya kira-kira sehari sekarang bisa 10 pendonor,” jelasnya.

Sementara diketahui, mesin donor plasma convalesen (apherisis) tiba dan dilaunching kemarin. Kedatangan mesin itu ditinjau langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Bupati Anna mengungkapkan dengan adanya alat donor plasma konvalesen maka penggunaannya bisa dimaksimalkan guna membantu penyembuhan pasien Covid-19 yang saat ini masih dirawat.

Kemudian untuk pendonor, Bupati berharap adanya pendataan detail nama serta alamat penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. “Nantinya PMI dapat menghubungi serta memberikan motivasi untuk bersedia menjadi pendonor plasma darah konvalesen,” pungkasnya. [lus/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar