Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Sehari 142 Kasus Covid-19, Jombang Tambah Ruang Isolasi

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat memngecek ruang isolasi baru di eks Kantor Dinas Kesehatan, Selasa (13/7/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Kasus Covid-19 di Jombang, Jawa Timur, belum menunjukkan gejala mereda. Justru sebaliknya, pasien positif terus bertambah. Bahkan hari ini saja ada penambahan 142 kasus. Oleh sebab itu, Jombang menambah ruang isolasi baru dengan kapasitas 68 bed.

Ruang isolasi baru tersebut berada di eks kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang yang notabene sudah terhubung langsung dengan RSUD Jombang. Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab meninjau gedung tersebut guna memastikan kesiapan ruang isolasi itu.

Bupati Jombang menjelaskan, ada 68 bed di ruang isolasi yang berada di belakang RSUD. Bupati kemudian memantau kondisi ruangan yang ada. Nampak bed berjajar di sejumlah ruangan. Sarana prasarana lainnya juga tengah dipersiapkan.

“Ini terus disempurnakan. Insya Allah ini akan segera bisa difungsikan,” ujar Bupati Mundjidah Wahab yang didampingi Sekdakab Jombang Akh. Jazuli, Asisten Pemerintahan Anwar, Direktur RSUD Jombang, dr. Pudji Umbaran, serta Kepala Dinas Kominfo Budi Winarno, Selasa (13/7/2021).

Meski demikian, Bupati Mundjidah Wahab justru mendorong dan berharap masyarakat untuk mencegah daripada sakit. Dia juga meminta masyarakat tidak panik, meski tetap waspada. “Saya berharap masyarakat Jombang bergerak bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan displin dan patuh melaksanakan protokol kesehatan,” imbaunya.

Mundjidah juga mengajak masyarakat mengktifkan kembali kampung tangguh di tiap desa, PPKM Mikro tingkat RT/RW dijalankan kembali, sehingga isolasi mandiri bisa dilakukan di tingkat desa. “Saya berdoa jangan sampai ada yang sakit, apalagi sampai dirawat di rumah sakit. Meskipun kita telah berupaya untuk melakukan antisipasi adanya tambahan ruang isolasi,” pungkasnya.

Sementara itu, udpate di laman Dinkes Jombang, Selasa (13/7/2021) pukul 17.00 WIB, mencatat penambahan signifikan kasus Covid-19. yakni 142 pasien positif. Sehingga jumlah kumulatif Covid-19 sebanyak 6.127 kasus. Sehari sebelumnya jumlah tersebut sebanyak 5.985.

Sedangkan pasien Covid-19 yang meninggal per hari ini sebanyak 17 orang. Kabar gembiranya adalah angka kesembuhan yang mencapai 37 orang. Lalu, peta sebaran Covid-19 di Jombang meliputi, zona kuning sebanyak dua kecamatan, yakni Ngusikan (5 kasus) dan Kudu (4 kasus).

Kemudian zona oranye juga dua kecamatan, masing-masing Wonosalam (8 kasus) dan Kabuh (7 kasus). Sisanya, sebanyak 17 kecamatan menyandang status zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19. Belasan kecamatan itu adalah Plandaan (12 kasus), Megaluh (13 kasus), Ploso (29 kasus), serta Tembelang (35 kasus).

Selanjutnya, Bandarkedungmulyo (24 kasus), Perak (28 kasus), Gudo (11 kasus), Diwek (40 kasus), Jombang Kota (146 kasus), Ngoro (21 kasus), Bareng (22 kasus), Kesamben (29 kasus), Peterongan (20 kasus), Jogoroto (23 kasus), Sumobito (36 kasus), Mojoagung (25 kasus), serta Mojowarno (55 kasus). [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar