Pendidikan & Kesehatan

Sedekah Pohon di Gontor, Bentuk Pelestarian Alam

Ponorogo (beritajatim.com) – Untuk mewujudkan program go green di lingkungan, Dompet Dhuafa Jawa Timur bersama IKPM (Ikatan Keluarga Pondok Modern) Gontor Ponorogo menyelenggarakan penanaman pohon buah produktif atau biasa yang disebut sebagai sedekah pohon di Gontor, Kecamatan Mlarak Ponorogo.

”Keseluruhan total jumlah bibit pohon buah produktif yang akan ditanam sebanyak 1.100 bibit,” kata supervisor program sedekah pohon Rizzqi al Adib, Jumat (1/3/2019).

Adapun jenis bibit pohon buah produktif yang di tanam sedekah pohon ini adalah buah durian, rambutan, kelengkeng, alpukat, jambu jamaika dan mangga. Rizzqi menyebut penanaman pohon ini berbeda dengan program penanaman pohon dalam tema go green pada umumnya.

Jika program go green umumnya hanya berorientasi pada perbaikan alam dan lingkungan. Program sedekah pohon menitiktekankan pada objek pengelolaannya pada pemberdayaan masyarakat. Selain itu tentu saja manfaat perbaikan kualitas alam dan lingkungan.

”Kami berkomitmen mengawal perkembangan pohon buah produktif ini. Mulai dari pengaturan tata letak, komposisi tanah, perawatan hingga sampai masa berbuah,” katanya.

1.100 bibit ini akan ditanam, ditanah wakaf yang dimiliki oleh pondok modern darussalam Gontor. Pihaknya juga melibatkan masyarakat untuk ikut menjaga, memelihara hingga target bibit yang ditanam ini bisa berbuah. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar