Pendidikan & Kesehatan

Sebaran Daftar Nama Pasien Positif Corona di Bangkalan Hoax

Sudiyo, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Menyebarnya pesan singkat berisi daftar nama pasien dari salah satu dokter yang terjangkit Covid-19 di wilayah Kabupaten Bangkalan, membuat masyarakat resah.

Hal ini terjadi setelah dua dokter asal Kecamatan Klampis, dijemput tim medis RSUD dikarenakan hasil pemeriksaan litbangkes Jakarta menunjukkan hasil positif terpapar virus.

Tak hanya berisi sebaran daftar nama pasien, tetapi Kepala Dinas Kesehatan setempat juga dicatut yang berisi arahan pada masyarakat yang pernah berkontak langsung dengan dua dokter tersebut agar lekas memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo dengan tegas menyebarnya daftar nama pasien dan imbauan tersebut adalah Hoax. “Kita tidak pernah mengeluarkan imbauan semacam itu. Untuk daftar nama pasien, sudah saya konfirmasi ke pihak pemilik rumah sakit, tak ada satupun yang mengeluarkan daftar nama pasien,” ujarnya, Minggu (12/4/2020).

Ia menjelaskan, saat ini sudah dikerahkan berbagai pihak untuk melacak para pasien ataupun orang yang berkontak langsung dengan dua tenaga medis tersebut. Bahkan, para surveilance hingga tingkat kecamatan dan desa dikerahkan agar seluruhnya dapat terdeteksi dan mendapat pemeriksaan.

“Karena dua pasien ini tenaga medis dan bekerja di dua instansi serta buka praktek mandiri, maka itu juga menjadi beban untuk proses tracking namun sejauh ini petugas sudah bekerja dengan maksimal,” tegasnya.

Ia berharap, masyarakat tak perlu panik berlebih namun tetap waspada serta melindungi diri dan keluarga. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak mudah termakan berita bohong yang menyebar terutama yang bersifat provokatif.[sar/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar