Pendidikan & Kesehatan

Sebanyak 5400 Vaksin Sinovac Tiba di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari Biofarma tiba di Banyuwangi, Selasa (26/1/2021). Kedatangan vaksin tersebut di Kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi didahului dengan kendaraan Patwal, dilanjutkan Baracuda, mobil vaksin dan ditutup dengan Baracuda Brimob Polda Jatim.

Sebanyak 5400 dosis vaksin kemudian diserahkan dan disimpan di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Banyuwangi. Vaksin diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono.

“Jadi saya ralat pernyataan sebelumnya yang menyebutkan ada 4000 vaksin, tapi hari ini kita dapat kiriman tahap pertama sebanyak 5400 vaksin,” kata dr. Rio sapaan akran Widji Lestariono, Selasa (26/1/2021).

Selanjutnya, kata Rio, vaksin akan menginap di gudang penyimpanan sebelum didistribusikan ke masing-masing fasilitas kesehatan. Pihak Dinkes Banyuwangi juga telah menjadwal pengambilan vaksin ke daerah masing-masing.

“Ada empat tahapan dari masing-masing faskes (fasilitas kesehatan) yang akan mengambil vaksin mulai besok. Mekanismenya, kita bagi empat tahap,” katanya.

Setiap pengambilan, kata Rio, akan dikawal ketat petugas keamanan. “Jadi setiap faskes nantinya juga akan berkoordinasi dengan petugas keamanan di masing-masing daerah, polsek atau koramil ya. Seperti kedatangan vaksin ini dari luar negeri juga dikawal ketat petugas keamanan, begitu juga dari Surabaya hingga ke sini tadi juga dijaga ketat. Begitu halnya dengan di tempat ini,” ungkapnya.

Jumlah vaksin, lanjut Rio, diakui masih kurang untuk kebutuhan rencana vaksinasi tahap awal bagi tenaga kesehatan. Namun, pihaknya menjelaskan bakal ada tambahan pada tahap berikutnya.

“Data awal jumlah nakes Banyuwangi itu sekitar 6080 an orang tenaga kesehatan. Memang ini belum mencukupi untuk semua nakes, tapi dari provinsi akan memenuhi itu. Toh nanti sebelum 14 hari akan ada kedatangan lagi. Karena vaksinasi sinovac ini diberikan untuk dua dosis. Yang datang hari ini dosis pertama,” pungkasnya. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar