Pendidikan & Kesehatan

Sebanyak 16 Desa di Sedati Sidoarjo Luncurkan Kampung Tangguh Semeru

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebanyak 16 desa di Kecamatan Sedati, kompak luncurkan Kampung Tangguh Semeru di Perumahan Griya Candramas Desa Pepe Sedati Minggu (21/6/2020) malam.

Peluncuran ditandai dengan pemotongan pemukulan gong oleh Asisten I Pemkab Sidoarjo Ainurrohman, didampingi Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana, Pasiter Kodim 0816 Kapten Inf. M. Said, Camat Sedati Abu Dardak, dan jajaran Forkopimka Sedati.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako dari Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo serta Kodim 0816 Sidoarjo. Yang kemudian dilanjutkan dengan pengecekan SOP protokol kesehatan pencegahan Covid-19, ruang isolasi, ruang kesehatan, lumbung pangan, tanaman hidroponik, juga ada sentra UMKM warga.

Camat Sedati Abu Dardak menyampaikan bahwa sebagian besar wilayahnya berkomitmen dan bersungguh-sungguh, mewujudkan wilayah yang tangguh di berbagai sektor. Termasuk tangguh dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Selain itu, adanya Kampung Tangguh ini menjadikan lingkungan di wilayah kami lebih cinta kebersihan, aman dari tindakan kriminal, serta membuat hubungan antar warga saling peduli,” katanya.

Ketua Kampung Tangguh Desa Pepe Kecamatan Sedati Ali Masykuri mengatakan, dalam penguatan serta dukungan di Kampung Tangguh Desa Pepe ini terbentuk lima divisi.

Yakni, Divisi Penyuluhan yang bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona.

Divisi Kesehatan yang menangani masyarakat yang terkategori melakukan orang dalam pemantauan (ODP)  masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

Divisi Pangan, yang mengurusi lumbung pangan, partisipasi masyarakat, mengirim dan membantu warga yang melakukan isolasi mandiri.

“Divisi ini bagian mengirim rangsum kepada warga yang isolasi mandiri,” tandasnya.

Terakhir Divisi Keamanan yang bertugas menjaga kamtibmas, pemakaman pasien, menyiapkan peralatan lengkap dengan APD.

“Semua RW yang ada di Pepe, insya Allah semuanya sudah memiliki APD dan sejenisnya,” sebut pria yang juga menjadi Ketua BPD Desa Pepe   tersebut.

Melalui kekuatan Kampung Tangguh Semeru, Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana, memotivasi warga agar saling gotong royong dan menguatkan dalam penerapan segala protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan upaya tersebut, sehingga desa maupun kelurahan akan menjadi tangguh. Warganya pun tangguh, khususnya menghadapi pandemi Covid-19. Misal contoh, dengan adanya satgas-satgas yang ada di dalam Kampung Tangguh Semeru.

Seperti yang dilakukan dalam simulasi penanganan korban Covid-19, dan penerapan protokol kesehatan di pos check point saat memeriksa orang luar masuk ke wilayah kita.

“Sebab itu, jika Kampung Tangguh Semeru ini sudah dapat dijalankan dengan tepat oleh warga. Saya berharap posko ini akan terus lestari, agar wilayah kita semakin tangguh serta kamtibmas kita tetap kondusif,” tutup AKBP Deny. (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar