Pendidikan & Kesehatan

Sebagai Sarana Edukasi, Dinas Perpustakaan Sediakan Bolam

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo menyediakan Bioskop Mini yang diberi nama Bolam (Bioskop literasi anak dan masyarakat). Di kantor yang beralamat di Jl Jaksa Agung Suprapto 5 itu, anak-anak atau masyarakat akan diajarkan lebih mengenal sejarah Sidoarjo hingga cerita rakyat nusantara.

Di dalam bangunan dengan luas 8 meter x 10 meter ini, dilengkapi dengan fasilitas ruangan yang representatif. Selain AC, kursi juga didesain empuk dan nyaman layaknya gedung bioskop komersial.

Ruangan yang berkapasitas penonton 30 orang itu saat ini menjadi yang pertama dan satu-satunya media pembelajaran literasi yang ada di Jawa Timur. Di sana menggabungkan antara pembelajaran melalui tontonan bioskop dengan literasi secara bersamaan.

Menurut Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo Endang Soesijanti dengan adanya bioskop mini Bolam jumlah pengunjung akan bertambah. “Bioskop mini ini menambah sarana edukasi yang efektif bagi pelajar dan masyarakat, khususnya yang ingin mengetahui tentang sejarah Sidoarjo melalui visual video,” katanya Senin (28/1/2019).

Endang Soesijanti juga berharap, dengan diciptakan ruang literasi baru ini, semua informasi yang ada bisa dengan mudah disampaikan dan mengingat sejarah Kota Delta lebih jauh.

Tak hanya menonton saja, anak-anak usai menonton cerita atau dongeng rakyat ini sampai selesai, akan diajak oleh petugas di tempat ini untuk menceritakan kembali tentang cerita yang telah ditonton. Disitu, sambung Endang, dijelaskan pentingnya kegiatan bercerita kembali ini agar edukasi yang disampaikan benar ke diri anak-anak.

Nantinya, sejumlah film akan diputar disana. Diantaranya film edukasi anak, pelajar dan masyarakat. Misalnya film sejarah Kabupaten Sidoarjo mulai Bupati pertama kali yang menjabat hingga Bupati sekarang, film dokumenter Semburan Lumpur Lapindo mulai awal semburan tahun 2006 akan diputar.

“Sejumlah film hasil kerjasama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga rencananya akan turut diputar. Contohnya, film dokumenter sejarah candi yang ada di Sidoarjo dan budaya seni tari yang berasal dari Sidoarjo,” papar Endang.

Adam salah satu pelajar SD di Sidoarjo mengungkapkan kebahagiannya bisa melihat bioskop yang berisi cerita tentang sejarah kota Delta itu. “Senang sekali bisa melihat film cerita rakyat dan sejarah Bupati Sidoarjo,” terangnya usai di bioskop mini yang diresmikan oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah pada Rabu, (16/1/2019) lalu itu. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar