Pendidikan & Kesehatan

SD Mugres Gelar Webinar Bertema Cerdas Mendidik Anak di Masa Pandemi

Gresik (beritajatim.com) – Imbas pandemi Covid-19 tidak saja dirasakan secara langsung di bidang kesehatan dan ekonomi, tetapi juga di dunia pendidikan. Banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi pembelajaran saat ini, karena tidak bisa bertatap muka secara langsung di kelas, tetapi harus belajar dari rumah secara daring (online).

Berbagai kendala yang masih banyak dialami oleh para orang tua ini mendorong panitia PPDB SD Muhammadiyah Kompleks Gresik (Mugres) mengadakan webinar dengan tema ‘Cerdas Mendidik Anak di Masa Pandemi’. Kegiatan tersebut juga mengundang pembicara bertaraf nasional, Dr Mulyana A.Z., MPsi.

Webinar ini sukses menjaring lebih dari 100 peserta yang terjaring secara live lewat aplikasi Zoom. Webinar SD Muhammadiyah Kompleks juga diikuti oleh guru-guru TK se-Kabupaten Gresik, wali murid SD Muhammadiyah Kompleks, serta wali murid.

Dalam paparannya, Mulyana mengatakan, kunci kesuksesan dalam mendidik anak yang utama dan pertama adalah dari orang tua. Dalam masa pandemi seperti saat ini, orangtualah yang menggantikan peran guru untuk mengajarkan materi pelajaran di rumah. Tentunya tidak semua wali murid mudah melakukan hal tersebut.

“Hal yang harus diterapkan para orang tua untuk berhasil melaksanakannya adalah dengan mengontrol emosi. Orangtua harus memahami dan memberikan pengertian kepada anak, bahwa kondisi belajar di rumah adalah solusi terbaik yang diberikan oleh pemerintah agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas,”ujarnya, Minggu (20/9/2020).

Sementara, Anne Maria, wali murid kelas IV yang turut mengikuti webinar menuturkan, senang mengikuti kegiatan ini. “Banyak ilmu baru yang dapat dipraktikkan terkait pembelajaran di rumah. Penyampaian materi yang ringan dan mudah dipahami juga menjadikan kegiatan webinar ini menarik untuk diikuti,” tuturnya.

Ketua PPDB, Kumil Laela menjelaskan webinar merupakan salah satu solusi menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para orangtua dalam mendampingi putra putrinya belajar di rumah. “Webinar seperti ini banyak hal yang bisa diterima oleh wali murid/orang tua dalam menghadapai proses pembelajaran di rumah selama pandemi Covid-19,” tandasnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar