Pendidikan & Kesehatan

Screening Warga dari Zona Merah Jadi Atensi Tim Satgas Covid-19 Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com)Screening kedatangan warga dari zona merah penyebaran virus corona menjadi salah satu upaya Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pamekasan, dalam rangka mengantisipasi sekaligus pencegahan virus tersebut.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, dr Ahmad Marzuki saat disinggung soal langkah antisipatif terhadap banyaknya Orang Dalam Resiko (ODR) di kabupaten Pamekasan, Sabtu (28/3/2020).

Sebab saat ini, tercatat sebanyak 1.923 orang masuk dalam status ODR yang tersebar di seluruh kecamatan berbeda di Pamekasan. Sebagian besar di antara mereka merupakan warga yang datang dari sejumlah titik merah penyebaran virus corona.

Bahkan dari total ODR tersebut, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) juga naik sebanyak 16 orang dari total rilis sehari sebelumnya, Jumat (27/3/2020). Saat ini tercatat sebanyak 101 orang dengan status ODP, padahal kemarin berada di angka sebanyak 85 orang dengan status serupa.

“Sementara langkah yang kita lakukan adalah screening kedatangan, kita laksanakan sesuai protap dengan melakukan penyemprotan disinfektan khususnya bagi warga yang datang dari zona merah,” kata dr Ahmad Marzuki kepada beritajatim.com.

Tidak hanya itu, pria yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan juga menyampaikan jika pihaknya menerapkan komunikasi dan koordinasi intens dengan instansi terkait untuk memantau warga di seluruh kecamatan berbeda.

“Seperti kita ketahui bersama, saat ini yang kita hadapi kan virus dan tidak kelihatan, sehingga solusi menghindari kerumunan ataupun jaga jarak itu sangat penting dilakukan oleh semua masyarakat seperti yang sudah dihimbau oleh pemerintah,” ungkapnya.

“Maka dari itu kami memohon dengan hormat kepada seluruh masyarakat untuk bersama mengantisipasi dan mencegah penyebaran wabah virus corona ini. Salah satu di antaranya dengan mematuhi protap yang sudah ada, termasuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga jarak dengan sesama,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar