Pendidikan & Kesehatan

SBMPTN di Unair, Peserta Wajib Serahkan Esai Wawasan Kebangsaan

Surabaya (beritajatim.com) – Pembukaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tinggal sebentar lagi dan dibuka pada 10 – 24 Juni 2019. Saat ini proses UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) sedang berlangsung.

Ada hal penting yang harus diperhatikan saat pendaftaran SBMPTN, khususnya di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Pasalnya Rektor, Prof. Muhammad Nasih dan tim PPMB (Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru) memberikan syarat khusus yang wajib dipenuhi siswa pendaftar.

Yakni siswa pendaftar harus membuat dan menyerahkan esai tentang Wawasan Kebangsaan. Wawasan kebangsaanĀ  yang bersangkutan juga akan dinilai danĀ  menjadi bahan pertimbangan penerimaan.

Rektor mengatakan, esai ini dalam rangka menjaring masalah ideologi, termasuk wawasan kebangsaan siswa bersangkutan. Sebab yang akan masuk perguruan tinggi harapannya bermanfaat sebaik-baiknya untuk bangsa Indonesia. Artinya, tidak selalu yang nilainya baik, pasti akan diterima. Penilaian esai dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Ditegaskan Rektor bahwa Unair bukan hanya menerima mahasiswa yang otaknya cerdas, namun juga hatinya kepada NKRI. “Sehingga nilai wawasan kebangsaan akan kita pertimbangkan,” terang rektor. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar