Pendidikan & Kesehatan

Satu Tambahan Pasien Baru Corona di Kota Malang, Sakit Tanpa Gejala Klinis

Penyemprotan desinfektan untuk hindari virus corona Covid-19 di Balai Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Satu pasien positif virus corona Covid-19 di Kota Malang dinyatakan mengidap virus ini tanpa diawali gejala klinis. Dia dinyatakan positif setelah uji labolatorium dan uji swab untuk yang bersangkutan keluar.

“Dia muncul tanpa gejala jadi masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Tidak ada gejala klinis namun hasil uji lab dinyatakan positif,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkot Malang Nur Widianto, Kamis, (2/4/2020).

Widianto mengungkapkan, pasien ini seorang laki-laki berusia dewasa. Saat ini dia menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya karena tidak menunjukan gejala klinis. Namun, bila gejala itu mulai muncul Satgas Covid-19 Pemkot Malang akan membawa pasien positif ke rumah sakit rujukan.

“Dia saat ini menjalani isolasi di rumah secara mandiri. Secara berkala kami memantau kondisi pasien ini, termasuk orang-orang dekat di sekitarnya. Kami saat ini fokus kepada OTG,” ucap Widianto.

Pasien positif dengan orang tanpa gejala menjadi kasus baru di Kota Malang. Sebab, 4 pasien positif sebelumnya mengidap virus corona dengan gejala klinis. Dan tiga diantaranya dinyatakan sembuh. Untuk itu, Satgas Covid-19 Pemkot Malang melakukan penulusuran terhadap orang-orang yang rentan masuk kategori OTG.

“Riwayat tidak kemana-mana. Hanya saja pernah kontak erat dengan PDP positif. Setelah muncul kasus ini, kita koordinasi dengan Pemprov Jatim untuk fokus melalukan pendataan kepada OTG yang memang tidak punya riwayat klinis,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar