Pendidikan & Kesehatan

Satu PDP Tuban Meninggal Dunia, Hasil Tes Swab Belum Keluar

Tuban (beritajatim.com) – Setelah sekitar enam hari menjalani perawatan dan isolasi di Rumah Sakit NU Tuban, seorang warga Kota Tuban yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hari ini dinyatakan telah meninggal dunia, Senin (21/4/2020).

Jenazah warga berinisial WU (64), warga Kota Tuban tersebut langsung dimakamkan oleh tim relawan tanpa diikuti oleh orang banyak dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap sesuai SOP dalam penanganan Covid-19. Meski demikian belum diketahui secara pasti apakah PDP tersebut positif atau tidak lantaran tes Swabnya belum keluar.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, serangkaian proses pemakaman pasien PDP tersebut mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian dan juga TNI. Yang mana jenazah WU tersebut dikawal oleh petugas dari Sat Lantas Polres Tuban sampai dengan lokasi pemakaman yang ada di Kelurahan Kebonsari, Kota Tuban.

“Yang bersangkutan WU ini meninggal dunia setelah dirawat selama satu minggu di ruang isolasi Rumah Sakit. Dengan riwayat tidak ada kontak dengan pasien atau dengan orang dari daerah lain juga tidak ada,” terang Heri Prasetyo, selaku Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban.

Heri menjelaskan, bahwa pasien yang merupakan warga Kota Tuban itu statusnya ditetapkan menjadi PDP setelah menjalani pemeriksaan medis. Yang mana saat diperiksa WU menderita penyakit berat dan juga diabetes dan ketika dilakukan pemeriksaan Rapid Test hasilnya negatif.

“Pemeriksaan dengan Rapid Test, hasilnya negatif. Namun demikian, hasil pemeriksaan Swab sampai hari ini belum selesai atau belum keluar,” tambahnya.

Sementara itu, dalam proses pemakaman tersebut jenazah dari rumah sakit langsung dibawa ke tempat pemakaman umum dengan menggunakan ambulan khusus tanpa harus mampir ke rumah duka. Selanjutnya para tim relawan dengan menggunakan APD lengkap itu langsung melakukan pemakaman pasien PDP itu sesuai prosesur.

Adapun untuk jumlah PDP di Kabupaten Tuban sampai dengan hari ini jumlahnya sebanyak 16 orang dengan jumlah 7 pasien dinyatakan sembuh dan satu meninggal dunia. Adapun untuk jumlah warga Tuban yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak tiga orang dan satu pasien diantaranya sudah meninggal dunia dan dua masih dalam perawatan.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar