Pendidikan & Kesehatan

Satu Pasien PDP Covid-19 Dirawat di RSUD dr Harjono Ponorogo

Foto ilustrasi.

Ponorogo (beritajatim.com) – RSUD dr Harjono Ponorogo saat ini merawat satu pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 atau virus Corona. Pasien tersebut kini dirawat dalam ruang isolasi rumah sakit.

“Kami nyatakan PDP karena yang bersangkutan mengalami gejala sesak napas,” kata Kabid Pelayanan Medik RSUD dr Harjono  Ponorogo, dr Abraham Reza Kautsar, saat ditemui beritajatim.com, Selasa (17/3/2020).

Pasien PDP yang baru pulang dari umrah ini, selanjutnya dilakukan pemeriksaan rontgen. Nanti kalau hasil rontgennya negatif, walaupun sesak nafas, berarti penyebabnya bukan dari pneumoni. Namun sesak nafas itu mungkin dari penyakit lain. Sehingga statusnya akan diturunkan menjadi orang sakit dalam pemantauan (ODP) Covid-19 atau virua Corona.

“Menurut keluarga, yang bersangkutan ini memiliki riwayat kelainan sakit jantung. Jadi kemungkinan sesaknya dari sakit kelainan jantung tersebut,” katanya.

Namun jika hasil rontgennya nanti positif, pasien PDP ini juga akan dilakukan pemeriksaan laboratorium. Dimana pemeriksaan laboratorium tersebut dilakukan di RSU dr. Sutomo Surabaya.

Mengapa di RSU dr. Sutomo, sebab disana sudah memiliki peralatan dan petugas medis dari Provinsi yang sudah terlatih terkait pengecekan Corona ini.

dr. Reza sapaan akrab dr Abraham Reza Kautsar menambahkan, selain pasien PDP, RSUD dr. Harjono sudah memeriksa 4 pasien ODP Covid-19 atau virus Corona. Namun 4 orang dengan status ODP ini sudah diperbolehkan untuk pulang.

Saat ini RSUD dr.  Harjono bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo untuk melakukan pemantauan terhadap 4 pasien ODP yang ada di rumah.

“Jadi 4 yang ODP ini dipantau surveillance dari Dinkes selama 14 hari,” katanya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar