Pendidikan & Kesehatan

Satu Keluarga di Kota Mojokerto Positif Covid-19, Pedagang Buah di Pasar Tanjung Anyar Di-Rapid Test

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Tiga dari empat orang positif Covid-19 di Kota Mojokerto merupakan satu keluarga, ketiganya tertular dari pasien positif 09 yang sudah dinyatakan terpapar Covid-19 setelah hasil swab keluar pada, Minggu (31/5/2020) kemarin. Sebanyak 31 orang pedagang buah di Pasar Tanjung Anyar pun dilakukan rapid test.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya mengatakan, pasien positif 10, 11 dan 12 merupakan satu keluarga dengan pasien positif 09. “Mereka merupakan satu keluarga dengan pasien positif 09. Pasien positif 10 yakni seorang perempuan, berinisial K dengan usia 55 tahun yang merupakan istri dari pasien positif 09,” ungkapnya.

Masih kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Mojokerto ini, pasien positif 09 merupakan penjual buah di Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto berjenis kelamin laki-laki, inisial M, umur 59 tahun. Pasien positif 09 masuk salah satu Rumah Sakit (RS) swasta di Kota Mojokerto pada tanggal 19 Mei 2020.

“Pasien M masuk RS dengan diagnosa selulitis (infeksi bakteri pada kulit dan jaringan di bawah kulit) dan dirujuk ke RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo pada tanggal 20 Mei 2020 lalu. Pasien M langsung dilakukan rapid test dengan hasil reaksi, tanggal 21 Mei 2020 dilakukan uji swab,” katanya.

Hasil uji swab terhadap pasien positif 09, baru keluar Sabtu (30/5/2020) dan hasil tes swab menunjukkan terkonfirmasi Covid-19. Sementara pasien positif 11 dan 12 merupakan anak dari pasien 09 dan 10, mereka tinggal dalam satu rumah yang sama di Kecamatan Magersari.

“Tadi, tim medis sudah melakukan rapid test terhadap semua pedagang buah di Pasar Tanjung tempat pasien positif 09 berjualan buah. Ada sebanyak 31 orang pedagang buah yang dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif semua dan akan dilakukan rapit ulang 10 hari lagi,” tegasnya.

Ketiga pasien positif tersebut saat ini menjalani isolasi di Rumah Observasi Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Cinde, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Sementara Peta sebaran Covid-19 di Kota Mojokerto per tanggal 1 Mei 2020, jumlah pasien positif sebanyak 13 orang.

Dari sembilan pasien positif Covid-19, dua diantaranya dinyatakan sembuh dan 11 lainnya masih menjalani perawatan. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tidak ada tambahan, yakni sebanyak 11 orang, empat diantaranya meninggal namun tidak terkonfirmasi positif Covid-19.

Lima lainnya selesai pengawasan dan hanya dua masih dalam pengawasan. Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah tiga orang sehingga total 474 orang, 373 orang diantaranya selesai pemantauan sehingga menyisakan 101 orang. Sedangkan Orang Dengan Resiko (ODR) bertambah 13 orang sehingga total ODR di Kota Mojokerto sebanyak 3.042 orang.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar