Pendidikan & Kesehatan

Satu dari 3 PDP di Pamekasan Positif Covid-19

Pamekasan (beritajatim.com) – Satu dari tiga orang yang berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (DPD) Covid-19 di Kabupaten Pamekasan, dinyatakan positif terinfeksi virus corona, Minggu (5/4/2020).

Hal tersebut berdasar hasil pemeriksaan Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta, sebab selama ini, ketiganya memang menjalani perawatan di rumah sakit, dua di antaranya ditempatkan di ruang isolasi RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan.

“Dari tiga orang yang berstatus PDP di Pamekasan, satu di antaranya dinyatakan positif (terinfeksi) Covid-19. Hal itu berdasar hasil Lab Balitbangkes Pusat (Jakarta),” kata Ketua Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, Totok Hartono kepada sejumlah wartawan.

Selain itu pihaknya mengungkapkan pelaporan peta sebaran Covid-19 dilakukan sesuai prosedur, hingga akhirnya diketahui adanya satu orang PDP yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona “sesuai prosedur, pelaporan dari pemerintah kabupaten me Pemprov Jatim dilakukan setiap hari pukul 13:00 WIB,” ungkapnya.

“Selanjutnya dari Pemprov (Jatim) diteruskan ke Pusat, dan data PDP yang confirm (positif) diterima Pemprov dari Pusat sekitar pukul 16:00 WIB. Karena yang mempunyai kewenangan mengekspos data data confirm adalah pemerintah pusat,” jelasnya.

Berdasar hasil rilis terakhir Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak 7.182 orang dengan status Orang Dalam Resiko (ODR), sebanyak 192 Orang Dalam Pantauan (ODP), serta tiga orang dengan status PDP dan satu orang meninggal dunia dengan status confirm.

Sementara berdasar hasil rilis dari Tim Satgas Covid-19 Jatim tentang peta sebaran Covid-19 di Pamekasan, terdata sebanyak 192 ODP, sebanyak 2 orang dengan status PDP serta dua orang dinyatakan confirm (termasuk satu orang yang meninggal dunia). “Jadi pada pukul 17:00 WIB, Pemprov Jatim merilis peta sebaran untuk seluruh wilayah di Jawa Timur,” pungkasnya.

Dalam kesempatan rilis yang digelar di Mandhepa Agung Ronggosukowati, pria yang juga tercatat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, dr Ahmad Marzuki, dan Direktur RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr Farid Anwar. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar