Pendidikan & Kesehatan

Satgas NU Malang Raya Lakukan Rapid Test ke Pedagang RSSA

Rapid test untuk pedagang di sekitaran RSSA Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Satgas Covid-19 Nahdlatul Ulama (NU) Malang Raya bersama Komunitas Peduli Perilaku Sehat Malang melakukan rapid test atau deteksi dini terhadap ratusan pedagang yang berjualan di sekitar lingkungan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Senin, (22/6/2020).

Ketua Satgas Covid-19 NU Malang Raya dr Syifa Mustika menganggap pedagang di sekitar RSSA rentan tertular atau menularkan Covid-19. Mereka ingin memastikan pedagang aman, sehingga dilakukan deteksi dini Covid-19.

“Kita kerja bareng antara RSSA, NU dan Komunitas Peduli Perilaku Sehat. Kita ingin memastikan para pedagang di sekitar rumah sakit terbebas dari Covid-19,” ujar Syifa.

Sementara itu, Direktur RSSA Kota Malang, dr Kohar Hari Santoso menyebut, pedagang rentan karena memiliki mobilitas tinggi saat berjualan di sekitar rumah sakit. Untuk rapid test yang disiapkan sekira 100 alat. Dia pun mengimbau pedagang rajin menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak antar orang per-orang. “Ini orang-orang yang di dalam (rumah sakit) sangat rawan. Mereka berbelanja dan makan di sana (warung),” ucap Kohar.

Sementara itu, salah satu pedagang di RSSA, Sukanti mengaku senang dengan rapid test ini. Dia mengakui, sehari-hari berjualan di sekitar rumah sakit yang menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Malang memang rentan tertular. “Makanya kami selalu menjaga protokol kesehatan karena kami paham bagaimana bahayanya jika tidak menerapkan protokol Covid-19,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar