Pendidikan & Kesehatan

Satgas Covid Ponorogo Rapid Tes Acak pada Siswa SMP

Ponorogo (beritajatim.com) – Satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo mulai melakukan rapid tes acak terhadap guru dan siswa smp yang saat ini melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Salah satu sekolah yang ketempatan rapid tes tersebut adalah SMPN 1 Ponorogo. Sebanyak 8 guru dan 10 siswa melakukan rapid tes yang diadakan di sekolah tersebut.

“Hari ini ada 18 orang yang jadi sampel rapid tes. Alhamdulillah, hasilnya semua non reaktif. Rapid tes ini sesuai dengan permintaan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Ponorogo,” kata wakil kepala sekolah bagian kurikulum Ribut Subiantoro, Jumat (6/11/2020).

Pemilihan siswa untuk rapid tes ini dicari secara acak. Sebanyak 5 siswa dari kelas 8 dan 5 siswa dari kelas 7 yang masuk hari ini. Sedangkan untuk guru, kata Ribut dipilih dari perwakilan guru mata pelajaran. Anak-naka yang mengikuti rapid tes ini tidak keberatan, pihaknya juga tidak memberitahu orang tua jika hari ini akan ada rapid tes acak di SMPN 1 Ponorogo.

Ribut yang juga menjadi ketua satgas Covid-19 di SMPN 1 Ponorogo mengungkapkan selama dua minggu mengadakan uji coba PTM ini, tidak mengalami kendala yang berarti. Sebelum dilakukan uji coba itu, para orang tua sudah diberi panduan pembelajaran PTM untuk dipelajari. Siswa saat di sekolah juga harus mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang ditentukan pihak sekolah saat pandemi ini.

“Alhamdulillah, kami tidak ada keluhan. Tanggapan orangtua juga positif terkait uji coba PTM ini,” pungkasnya.

Sementara itu siswa kelas 8 Zaki Fahwaz Aqila yang ikut rapid tes mengaku baru pertama ini melakukan rapid tes. Dia tidak tahu kalau dirinya akan menjadi salah satu siswa yang dijadikan sampel untuk dirapid tes. Zaki merasa tidak sakit, meski dalam rapid tes tadi di ambil darahnya.

“Ya tadi ditunjuk guru untuk rapid tes gitu. Awalnya takut, tapi setelah selesai ternyata tidak sakit dan hasilnya non reaktif,” katanya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar