Pendidikan & Kesehatan

Satgas Covid-19 NU Rapid Test Ratusan Santri di Malang

Santri di Malang jalani rapid test.

Malang (beritajatim.com) – Satgas Covid-19 Nahdlatul Ulama (NU) Malang melakukan rapid test kepada ratusan santri yang berada di pondok pesantren di wilayah Malang Raya. Total ada 5 ponpes yang telah dikunjungi oleh Satgas Covid-19 NU Malang untuk melakukan test cepat ini.

Ketua Satgas Covid-19 NU Malang, dr Syifa Mustika mengatakan, rapid test dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di kalangan pondok pesantren. Saat ini rapid test dilakukan di Ponpes An-Nuriyah, Sukun, Kota Malang, Kamis, (7/6/2020). Di ponpes ini sebanyak 350 orang yang terdiri dari 270 orang santri dan sisanya dari para ustaz dan ustazah, keluarga dalem ponpes dan warga sekitar ponpes menjalani rapid test.

“Jadi kami datang ke pondok pesantren (ponpes) yang masih ada santrinya untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan sekaligus screening Covid-19. Jadi ponpes yang santrinya mau pulang, kami bantu cek kesehatan, sekaligus kami berikan surat keterangan sehat bagi yang membutuhkan, agar bisa pulang ke daerahnya masing-masing,” papar Syifa.

Syifa mengatakan, sejauh ini sudah 800 alat rapid test yang telah digunakan oleh Satgas Covid-19 NU Kota Malang di lima ponpes. Mereka sendiri mendapat bantuan rapid test dari Kemenkes RI sebanyak 3 ribu alat. Selanjutnya ada tiga ponpes lagi yang akan didatangi oleh Satgas untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan.

“Kami Kemenkes RI diberikan sebanyak 3 ribu alat rapid test. Jadi alurnya adalah ponpes mengajukan ke kami untuk dilakukan pemeriksaan, setelah itu kami menindaklanjuti permohonan tersebut. pemeriksaan kesehatan yang dilakukan kepada para santri meliputi cek suhu tubuh, tensi darah, denyut nadi dan rapid test,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar