Pendidikan & Kesehatan

Satgas Covid-19 Magetan Akan Bentuk Tim Pemulasaran Jenazah

Magetan (beritajatim.com) – Satgas Covid-19 Magetan akan membentuk tim penanganan penguburan pasien terkonfirmasi positif virus Covid-19 yang meninggal diluar penanganan rumah sakit. Hal ini seiring meningkatnya kasus meninggal karena terkonfirmasi corona virus disease.

“Kami akan membentuk tim pemulasaraan, nantinya juga ada yang dari petugas pemakaman. Ini karena pasien Covid-19 yang meninggal di rumah untuk penanganan pemulasaraan jenazahnya belum tertangani secara baik,” ungkap Kepala Sekretariat Satgas Covid-19 Magetan, Ari Budi Santosa kepada beritajatim.com, Jumat (29/1/2021).

Ia menambahkan, rencana ada 10 personil yang akan ditugaskan menjadi petugas pemulasaraan jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19 yang berada diluar penanganan rumah sakit. Mereka nantinya akan mendapatkan pelatihan terkait tata cara atau safety penanganan pemulasaraan jenazah.

Fakta di lapangan, per hari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magetan sudah mencapai dua digit. Bahkan, tim penguburan jenazah yang ada sampai keteteran.

“Pernah dalam satu hari mengubur 10 orang meninggal karena Covid-19, karena terbatas mereka terlihat sangat lelah,” ujar Ari.

Pihaknya, juga menyiapkan SOP untuk orang yang meninggal karena Covid-19 atau pun mengarah ke Covid-19 dari rumah sakit maupun puskesmas.

“Nantinya akan disiapkan APD untuk pemakaman. Intinya kita harus bersinergi dan saling menjaga. Demi kebaikan bersama,” pungkasnya.(asg/gted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk