Pendidikan & Kesehatan

Satgas Covid-19 di Kecamatan Lamongan Ini Dirikan Gerai Masker Gratis di Lingkungan Pasar

Lamongan (beritajatim.com) – Dalam rangka mengantisipasi penularan wabah Covid-19 di Lamongan, Satgas Covid-19 Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan ini mendirikan gerai masker gratis. Diketahui, gerai masker gratis tersebut disediakan bagi masyarakat, khususnya para pedagang dan pengunjung pasar yang rentan akan terjadinya kerumunan.

“Gerai masker gratis ini kami sediakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Lamongan. Meski kasus Covid-19 tampak melandai, tapi bukan berarti virus tersebut sudah tidak ada di sekitar kita,” ujar Kapolsek Karanggeneng, Iptu Raksan kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Di sela-sela kegiatannya, Iptu Raksan juga menyampaikan, bahwa pihaknya terus mengedukasi kepada para warga yang beraktifitas di lingkungan Pasar mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Menurutnya, pasar merupakan pusat kegiatan perekonomian masyarakat yang rawan akan terjadinya kerumunan.

“Melalui gerai masker gratis ini, kami berharap masyarakat bisa menaati aturan protokol kesehatan sehingga dapat mengurangi angka positif Covid-19. Bagaimanapun juga, penanganan Covid-19 ini harus dilakukan secara bersama antara Pemerintah dan masyarakat, sehingga penanganan tersebut bisa berjalan efektif,” terang Iptu Raksan saat berlangsungnya gerai masker gratis di Pasar Pon Desa Mertani Kecamatan Karanggeneng.

Lebih jauh, Iptu Raksan mengungkapkan, bahwa gerai masker tersebut akan terus digalakkan, utamanya selama masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diberlakukan di Lamongan. Gerai masker gratis Satgas Covid-19 Kecamatan Karanggeneng ini, imbuh Iptu Raksan, akan buka seiring dengan beroperasinya pasar.

“Gerai masker gratis ini didirikan setiap hari pasaran di mana pasar yang ada di Kecamatan Karanggeneng buka. Gerai masker gratis ini dilakukan bersama oleh Satgas Covid-19 Kecamatan, Forkompimcam, Kades Mertani dan juga pihak pengelola pasar,” tandas Iptu Raksan dalam keterangannya.

Terakhir, Iptu Raksan mengatakan, bahwa untuk gerai masker gratis yang buka untuk pertama kalinya ini telah menyediakan setidaknya 300 masker yang disalurkan ke warga yang berada di lingkungan pasar. Satgas Covid-19 Kecamatan Karanggeneng, lanjut Iptu Raksan, juga berencana akan membuat gerai-gerai serupa di beberapa pasar lain yang ada di wilayah Kecamatan Karanggeneng.

“Gerai masker ini buka sesuai jam kerja, mulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 15.00 Wib. Rencana ke depan, gerai ini akan kami buka di pasar desa yang ada di Kecamatan Karanggeneng, sesuai hari pasarannya,” pungkasnya.[riq/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar