Pendidikan & Kesehatan

Operasi Tertib Tangguh Semeru

Sat Lantas Polres Tuban Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Tuban (beritajatim.com) – Petugas Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Tuban hari ini mulai menggelar pelaksanaan kegiatan Operasi Tertib Lalu Lintas Tangguh Semeru 2020 dengan langsung melakukan kegiatan razia di jalur pantura Tuban tepatnya di kawasan Jati Peteng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Senin (12/10/2020).

Dalam pelaksanaan Operasi Tertib Tangguh Semeru 2020 di jalur nasional itu, petugas Sat Lantas Polres melakukan penindakan tilang terhadap sejumlah kendaraan yang melanggar lalu lintas. Selain itu, petugas juga mengingatkan bagi para pengendara yang terjaring dalam razia tersebut untuk selalu menggunakan masker ketika melakukan semua aktivitasnya.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, pelaksaan razia di tengah-tengah pandemi yang masih belum selesai ini petugas Sat Lantas Polres Tuban melakukan penerapan protokol kesehatan. Yakni, petugas kepolisian itu selalu menggunakan masker, memakai handsanitezer dan juga memakai sarung tangan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Pemeriksaan sejumlah pengendara yang melanggar juga kita terapkan protokol kesehatan. Pengendara yang melanggar saat akan ditindak harus pakai masker dan kita lakukan pengecekan suhu tubuhnya,” terang IPTU Jamhari, Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Tuban saat berada di lokasi kegiatan razia itu.

Dalam kesempatan itu, Kanit Turjawali menjelasakan bahwa sasaran dari kegiatan razia itu adalah untuk menertibkan bagi pengendara baik pengemudi mobil pribadi, kendaraan besar, Bus muapun sepeda motor yang melanggar lalu lintas. Salah satu tujuannya adalah untuk mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Tuban.

“Yang menjadi sasaran dalam razia salah satunya adalah daerah yang rawan terjadinya kecelakaan, seperti di halnya di jalan Tuban-Bancar wilayah Kecamatan Jenu ini. Tujuannya supaya terciptanya situasi warga masyarakat yang tertib berlalu lintas dan juga mencegah angka kecelakaan,” sambungnya IPTU Jamhari.

Dari hasil kegiatan operasi di Jalur Pantura Tuban itu, petugas dari Sat Lantas Polres Tuban melakukan penindakan tilang sebanyak 28 pengendara motor maupun pengemudi mobil yang melanggar. Dari jumlah tersebut sebagian besar pelanggar di jalur Pantura Tuban itu adalah kendaraan truk dan ada juga kendaraan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Untuk kendaraan besar rata-rata melanggar marka jalan, kalau pengendara motor tidak pakai helm. Kegiatan operasi seperti ini masih terus kita lakukan dengan sejumlah lokasi yang berbeda,” jelasnya.

Sementara itu, petugas dari jajaran Sat Lantas Polres Tuban itu menghimbau kepada para pengendara untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas saat berada di jalan raya. Selain itu, petugas juga mengingatkan bagi para pengendara supaya selalu mematuhi protokol kesehatan terutama menggunakan masker saat melakukan aktivitas guna mencegah penyebaran Covid-19. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar