Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Sasaran Vaksinasi Anak Usia 6 – 11 Tahun di Jombang Sebanyak 105.888 Jiwa

Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 - 11 tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) As-Syafi'iyah, Desa Tejo, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Kamis (16/12/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun di Jombang sudah dimulai. Sasarannya sebanyak 105.888 jiwa. Mereka adalah murid yang duduk di lembaga pendidikan TK dan SD/MI. Dari jumlah itu, Pemkab Jombang menyiapkan 37.164 dosis vaksin Covid-19 tahap pertama jenis Sinovac.

Demikian diungakapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang drg Budi Nugroho, Jumat (17/12/2021). “Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun di Jombang sudah kita mulai kemarin. Sasarannya, 105.888 anak,” kata Budi Nugroho.

Budi menjelaskan, vaksinasi tersebut sangat penting bagi anak. Karena digunakan untuk menciptakan kekebalan pada tubuh anak-anak. Dengan begitu, mereka bisa terhindar dari penularan Covid-19. “Kita menggunakan vaksin jenis sinovac. Sudah kita siapkan 37.164 dosis,” lanjutnya.

Mantan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Jombang ini menambahkan, selain untuk anak, vaksinasi bagi lansia (lanjut usia) juga terus digalakkan. Bahkan, tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas melakukannya dari pintu ke pintu atau door to door.

Walhasil, capaian vaksinasi untuk lansia itu sudah tembus 69.74 persen. Karena vaksinasi terus dilakukan, Dinkes yakin vaksnasi lansia menyentuh angka 70 persen dalam waktu dekat. Dengan begitu, capaian tersebut sudah sesuai dengan aturan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Sesuai ketentuan, target herd imunity sudah tercapai. Karena minimal dosis 1 capaian vaksin 70 persen, dosis lansia 60 persen. Di Jombang, dosis 1 sudah 80,94 persen dan dosis lansia 69,74 persen,” kata Budi menegaskan.

Budi mengungkapkan, penularan Covid-19 di Kabupaten Jombang juga terus melandai. Bahkan saat ini nihil kasus. Sebanyak 21 kecamatan di Kabupaten Jombang, seluruhnya berstatus zona hijau. Namun demikian, Budi meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi aktifitas di luar.
[kun/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar