Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Sasar Lansia Pedagang dan Pembeli, Vaksinasi Dilakukan di Pasar Legi

Suasana vaksinasi di halaman lantai 1 Pasar Legi. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Jelang penghujung tahun, percepatan vaksinasi terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo. Karena mengutamakan kelompok lanjut usia (lansia), untuk pertama kalinya, Dinkes Ponorogo melakukan vaksinasi di Pasar Legi.

Dengan begitu, pedagang maupun pembeli bisa menyempatkan waktu untuk melakukan vaksinasi. “Vaksinasi di pasar ini dilakukan pertama kalinya. Memilih Pasar Legi karena ini pasar terbesar di Ponorogo,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo, Heni Lastari, Jumat (24/12/2021).

Meski begitu, vaksinasi di Pasar Legi ini juga diperbolehkan untuk umum. Tujuan awal vaksinasi di pasar ini, kata Heni, memang ingin mendekatkan gerai vaksin dengan para pedagang. Pengalaman selama ini, pedagang sulit untuk menjangkau gerai vaksinasi massal maupun gerai vaksin yang ada di dekat rumah mereka.

Hal tersebut terjadi karena mereka masih menggelar dagangannya di pasar. “Pedagang yang sudah vaksin biasanya sengaja menutup lapaknya. Nah, dengan adanya gerai vaksin di pasar ini, pedagang masih bisa tetap berjualan. Jika ingin vaksin bisa ditinggal sebentar,” ungkap dokter gigi tersebut.

Karena masih pertama kalinya, Dinkes Ponorogo hanya membawa 100 dosis vaksin jenis flizer. Meskipun begitu, jika antusias tinggi dan melebihi yang ditargetkan awal, bisa mengambil vaksin lagi di Dinkes Ponorogo.
“Kita uji coba membawa 100 dosis. Jika antusias tinggi bukan tidak mungkin kita akan mengambil lagi di Dinkes,” katanya.

Heni menambahkan, percepatan vaksinasi ditarget sampai akhir Desember untuk lansia bisa mencapai 60 persen. Dengan target 70 persen untuk total sasaran masyarakat umum. Kalau target itu tercapai, bukan tidak mungkin saat awal Januari Inmendagri menyebut Kabupaten Ponorogo bakal melaksanakan PPKM level 1.

“Dengan begitu, kita bisa melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Jika target itu tercapai, Ponorogo bisa level 1. Dan bisa melakukan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun,” pungkasnya. [end/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar