Pendidikan & Kesehatan

Sarang Infus Buatan Mahasiswa UMS Kurangi Stres Anak Saat Sakit

Surabaya (betitajatim.com) – Empat mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) berhasil menciptakan inovasi sarung tangan infus untuk anak anak. Produk yang diberi nama Sarang Infus tersebut dipamerkan di hall Gedung G UMS, Kamis (11/7/2019).

Keempat mahasiswa tersebut adalah Putri Lisdiati, Riskiatul Mutamimah, Fatmah Aulia dan Finka Yuanita. Berawal dari kegelisahan mereka terkait penutup infus yang selama ini dikenakan anak anak yang dirasa tidak menarik dan memunculkan stress bagi anak, selain itu penutup infus yang selama ini dipakai masih beresiko cidera dan infeksi.

Seperti namanya, Sarang infus ini dibuat mirip sarung tangan yang menjadi pelindung infus agar tetap pada tempatnya sehingga memperkecil resiko cedera sehingga meminimalkan resiko infeksi. Karya dari hasil PKM – Kewirausahaan ini juga memiliki desain karakter bergambar wayang yang lucu sehingga dapat mengurangi tingkat stress anak.

Sarang infus ini terbuat dari bahan dasar kain katun, spons dan duplek sebagai bahan pengeras dan perekat di sisi bawah sebagai pengunci.

Menurut Finka, produk ini belum ada dipasaran dan memiliki fungsi yang lebih baik dari pada produk yang sudah ada. “Yang paling penting adalah adanya spalk dan perekat sebagai pengunci pergerakan sendi anak,” ujarnya.

Gita Marini, selaku Dosen Pembimbing mengatakan bahwa Sarang Infus ini pun telah dalam proses paten oleh Kementerian Hukum dan HAM sehingga progam ini dapat dipasarkan sebagai produk alat kesehatan.

Tim Sarang Infus sedang mempresentasikan inovasinya

“Sudah diurus patennya cuma belum jadi. Tapi kami sudah bekerja sama dengan distributor alat kesehatan untuk dibantu dipasarkan ke rumah sakit,” ungkap Gita.

Produk yang dijual Rp. 29.000 ini pun telah dipresentasikan ke beberapa rumah sakit dan mendapat tanggapan positif. Untuk itu melalui produk ini diharapkan mampu membuat anak anak tetap tersenyum ceria meskipun tengah menjalani perawatan di Rumah sakit. [adg/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar