Pendidikan & Kesehatan

Saran Pakar Rajin Minum Probiotik Guna Mencegah Covid-19

Gresik (beritajatim.com) – Upaya pencegahan terhadap Covid-19 telah dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya adalah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Selain menerapkan aturan tersebut, pemerintah juga mengkedepankan penegakan protokol kesehatan di masa transisi menuju new normal.

Di masa itu, pakar kesehatan juga menyarankan agar daya tubuh tetap kuat. Disarankan mengkonsumsi probiotik untuk menjaga imunitas diri.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Prof. Dr Subijanto Marto Sudarmono dr Sp.A (K) mengatakan, senjata yang baik agar kita terhindar dari Covid-19 adalah dengan cara meningkatkan sistem imunitas tubuh,” katanya di sela-sela memberikan paparan yang berlangsung di RSUD Ibnu Sina Gresik, Minggu (21/06/2020).

Virus Corona Covid-19

Masih menurut Guru Besar FK Unair ini, dirinya menyarankan agar kita selalu menjaga kesehatan usus. Sebab, semua penyakit berasal dari usus. Hal ini karena 90 persen kerusakan ada pada tubuh diakibatkan oleh usus.

“Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang apabila diberikan dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan,” paparnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Argo Mitra Alimentare selaku produsen minuman probiotik, Ge Recta Geson mengemukakan manfaat probiotik untuk memperbaiki sistem imun tubuh.

“Minuman probiotik sebagai pengendali Covid-19. Selain itu, minuman yang kami produksi ini bisa membuat BAB lancar, dan tidak muda kena diare,” ungkapnya.

Dirut RSUD Ibnu Sina Gresik, dr Endang Puspitowati SpTHT (K) menuturkan, penggunaan probiotik memang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Harapannya, dengan rajin minum probiotik kesembuhan pasien Covid-19 meningkat.

“Saat ini, pasien Covid-19 yang dirawat di tempat kami ada 272 orang. Dari jumlah itu, yang terkonfirmasi positif maupun PDP ada 108 orang. Meninggal dunia ada 20 orang. Sementara akibat ada penyakit penyerta ada 16 orang dengan usia rata-rata diatas 40 tahun,” pungkasnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar