Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Santri Tambakberas Jombang Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19

Ketua Majelis Pengasuh PPBU Tambakeras KH Hasib Wahab atau Gus Hasib dan Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho saat memantau vaksinasi di GOR Hasbullah Said, Kamis (2/9/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Jombang terus digenjot. Salah satunya dengan menggelar vaksinasi yang menyasar kalangan pondok pesantren. Nah, pada Kamis (2/9/2021) vaksinasi tersebut digelar di PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

Sedikitnya 500 santri mengikuti vaksinasi yang bertempat di GOR (Gedung Olahraga) Hasbullah Said PPBU Tambakberas itu. Ratusan santri datang secara bergelombang sesuai jadwal yang ditentukan. Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Mereka mengenakan masker, mencuci tangan sebelum memasuki GOR Hasbullah Said, serta menempati kursi yang sudah diatur dengan berjarak. Santri yang menjalani vaksinasi melewati tiga tahapan. Pertama, registrasi, kemudian skrining kesehatan, dan terakhir penyuntikan vaksin. Semua berjalan dengan tertib.

Sejumlah pengurus PPBU Tambakberas juga hadir di lokasi. Di antaranya Ketua Yayasan Bahrul Ulum KH Wafiyul Ahdi (Gus Wafi) dan Ketua Majelis Pengasuh KH Hasib Wahab atau Gus Hasib. Hadir pula Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho beserta jajarannya.

Gus Hasib mengatakan, vaksinasi di PPBU ini diharapkan bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren. Namun demikian, dia juga tetap meminta para santri tidak kendor dalam menerapkan prokes. Yakni, dengan memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak. Selain itu juga mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

“Santri yang mengikuti vaksinasi hari ini sebanyak 500 orang. Usia mereka di atas 12 tahun. Kami mengucapkan terim kasih kepada Polres Jombang yang telah menyelenggarakan vaksinasi di PPBU Tambakberas. Semoga seluruh santri senantiasa terhindar dari Covid-19,” ujar mantan anggota DPR RI ini.

Di lokasi yang sama, Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho menambahkan, pihaknya menyiapkan 500 dosis vaksin jenis Sinovac tahap pertama bagi para santri. Sementara petugas vaksin berasal dari tenaga kesehatan, yakni Urkes dan Polwan Polres Jombang.

“Vaksinasi dilakukan guna mencegah dan menekan penyebaran Covid-19. Vaksin sangat penting untuk melindungi dari penularan Covid-19. Juga untuk mempercepat terciptanya kekebalan kelompok atau herd imunity di Jombang,” pungkas Agung. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar