Pendidikan & Kesehatan

Santri dan Tiga Tenaga Kesehatan di Sumenep Positif Covid-19

Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya

Sumenep (beritajatim.com) – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sumenep kembali bertambah. Pada hari ini, jumlah pasien positif bertambah 9 orang, sehingga total kasus positif Covid-19 di Sumenep sebanyak 211 orang.

Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya menjelaskan, dari 9 kasus baru tersebut, tiga diantaranya merupakan tenaga kesehatan, satu santri, dan lima lainnya merupakan pasien suspek di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep.

“Untuk tiga tenaga kesehatan itu, dua diantaranya bertugas di Dinas Kesehatan dan satu lainnya bertugas di laboratorium swasta di Sumenep. Sedangkan satu santri ini masih pelajar di salah satu pondok pesantren di Sumenep,” katanya, Selasa (28/7/2020).

Ia memaparkan, bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 salah satunya diakibatkan oleh kontak erat pasien. Karena itu, melakukan isolasi secara ketat sangatlah diperlukan. Selain itu, upaya tracing haruslah terus diupayakan agar penularan secara masif terhadap Covid-19 dapat segera dicegah.

“Yang paling penting adalah mencegah agar diri kita tidak tertular, yaitu dengan cara mengubah kebiasaan-kebiasaan lama dengan kebiasaan-kebiasaan baru untuk menjadi aman dari Covid- 19,” ucapnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni gunakan masker dengan benar, jaga jarak minimal satu setengah meter, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

“Kita menjadi subjek sekaligus objek terhadap perilaku menuju adaptasi kebiasaan yang baru. Kita harus produktif tapi dengan jalan yang aman dari penularan Covid-19,” tuturnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar