Pendidikan & Kesehatan, Teknologi

Samsung Berikan Alkes Senilai Rp4 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia

Malang(beritajatim.com) – Samsung Electronics Indonesia (SEIN), memberikan bantuan alat kesehatan, seperti generator oksigen, senilai kurang lebih USD 300.000 atau sekitar Rp4 miliar untuk membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid19 di Indonesia. Bantuan diserahkan langsung kepada Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.

Presiden Samsung Electronics Indonesia, Yoonsoo Kim mengatakan, penanggulangan pandemi Covid-19 tidak hanya tanggung jawab pemerintah RI. Tetapi berbagai pihak termasuk Samsung. Mereka pun melakukan donasi sebagai komitmen Samsung karena menjadi bagian dari Indonesia, di mana Samsung beroperasi dan menjalankan bisnisnya.

“Kami berharap bantuan berupa oksigen konsentrator yang kami donasikan melalui Kemenkomarves, serta alat kesehatan lain melalui Kemenperin dan Korean Association Indonesia, dapat dimanfaatkan para tenaga medis dalam merawat penderita di seluruh Indonesia,” kata Kim melalui keterangan tulisnya, Minggu, (12/9/2021).

Samsung juga mendonasikan bantuan senilai kurang lebih USD 90.000 berupa alkes lainnya seperti generator oksigen dan alat pelindung diri, melalui Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia untuk disalurkan melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan kurang lebih senilai USD 10.000 melalui Korean Association di Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia tetap tangguh menghadapi pandemi ini.

Total bantuan Samsung untuk penanganan pandemi Covid19 untuk Indonesia jika dikonversikan dalam rupiah kurang lebih sebesar Rp6 miliar. Kim menyebut, Samsung telah beroperasi selama 30 tahun, selama itupulah konsisten memberikan dukungan kemanusiaan kepada masyarakat Indonesia terutama saat terjadi bencana.

Di saat tsunami Aceh tahun 2004 melanda, Samsung membantu membangun kembali beberapa sekolah dan fasilitas belajar IT. Pada tahun 2017, Samsung menjalankan program kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat di Bangka, melalui perbaikan 108-unit rumah tinggal tak layak huni disertai pelatihan konstruksi dasar, agar pemilik rumah bisa berkontribusi dalam memperbaiki rumahnya sekaligus menambah keahlian. Pada 2020 memberikan fasilitas penunjang pendidikan kepada siswa yatim piatu berupa 200-unit Samsung Galaxy A01 Core untuk menjalani PJJ di saat pandemi.

Selain itu, pada tahun 2018 Samsung juga berperan aktif memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa dan tsunami di Lombok dan Sulawesi Tengah dengan memberikan bantuan berupa pelayanan kesehatan, sanitasi dan penyediaan air bersih, juga renovasi di beberapa sekolah yang rusak akibat bencana.

“Menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, Samsung senantiasa memperkenalkan teknologi terdepan yang dapat dimanfaatkan untuk membuka berbagai peluang baru. Selain itu, saat ini pun kami juga untuk membantu masyarakat Indonesia agar tetap tangguh dan bangkit dari setiap krisis dan bencana, seperti pandemi ini,” ujar Kim.

Sementara itu, Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penanggulangan pandemi terus terus di tangani dan di pantau perkembangannya di seluruh Indonesia. Mewakili pemerintah dia berterimakasih kepada Samsung karena telah memberikan perhatian serius kepada masyarakat Indonesia melalui donasi alat kesehatan ini.

“Ini menunjukkan kerjasama dan keseriusan dari pengusaha bersama dengan pemerintah dalam menanggulangi pandemi. Mari bersama-sama kita menaati protokol kesehatan agar dapat memutus mata rantai virus Covid-19,” tandas Luhut. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar