Pendidikan & Kesehatan

Salah Satu Pasien Covid-19 Mahasiswa di Malang, Petugas Lacak Jejak Aktivitas

Tim RSSA Kota Malang dan Wali Kota Malang mengumumkan pasien positif Covid-19.

Malang(beritajatim.com) – Salah satu pasien positif terinfeksi virus corona Covid-19 di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang merupakan mahasiwa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang. Dia adalah pasien 07, laki-laki berusia 21 tahun.

Dia dirawat di RSSA sejak, Senin, (9/3/2020). Atas temuan kasus ini, Humas Satgas Covid-19 Pemerintah Kota Malang, dr Husnul Muarif menegaskan timnya sedang melacak jejak aktivitas pasien atau kontak tracking dengan orang disekitarnya.

“Kami bekerjasama dengan rektor dan dekan fakultasnya untuk mendata kontak terakhir dengan siapa saja. Selain kampus tempat kost, terakhir di rumah makan mana, melakukan kegiatan dimana, kemudian di rumah ini yang sedang ditelusuri,” papar Husnul, Rabu, (18/3/2020).

Husnul mengungkapkan, kontak tracking sudah dilakukan. Untuk jumlah orang yang masuk dalam hitungan datanya belum termutakhirkan. Namun, dia telah meminta 16 Puskesmas dan tiga rumah sakit rujukan di Kota Malang untuk melakukan pemeriksaan medis.

“Kontak tracking ini yang menjadi acuan. Untuk melakukan tindak lanjut bekerjasama dengan 16 Puskesmas dan 3 rumah sakit rujukan. Setelah kontak tracking, perlu ada pemeriksaan swab bagi yang terkontak dengan pasien,” ujar Husnul.

Data dari RSSA Kota Malang, pasien 07 dengan pasien 08 yang positif terinfeksi Covid-19 memiliki jejak rekam aktivitas. Pasien 07 magang di perusahaan pasien 08 bekerja. Pasien 08 kini telah meninggal dunia, dia terdeteksi positif setelah hasil labolatorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) keluar Rabu pagi.

“Pemeriksaan bagi yang berinteraksi langsung penting. Semua petugas kesehatan masuk dari resiko tinggi terjangkit,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar