Pendidikan & Kesehatan

Safe House di Kabupaten Malang, Lindungi Warga dari Sebaran Covid-19

Malang (beritajatim.com) – Wilayah Kabupaten Malang kini masuk zona merah sebaran Covid-19. Sama dengan Kota Batu dan Kota Malang, ketiga daerah di Malang Raya ini, memberlakukan PPKM Darurat hingga tanggal 20 Juli 2021.

Sejak PPKM Darurat diberlakukan, Forkopimda ditempat ini bergerak cepat. Polres Malang salah satunya, menyiapkan 19 pos penyekatan, penjagaan dan pengawasan secara ketat mobilisasi masyarakat. Ribuan personel Kepolisian dilibatkan. Menjaga seluruh sektor termasuk kawasan perbatasan guna menahan dan menekan sebaran Covid-19. Salah satunya, mulai membuat Safe House.

Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono bersama Forkopimda Kabupaten Malang, melakukan peninjauan kesiapan safe house dimasa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di SMPN 1 Dusun Paras, Desa Karangnongko, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Sabtu (10/07/2021). “Setiap kecamatan diharuskan memiliki safe house demi mencegah penyebaran Covid-19, kami targetkan untuk memenuhi kebutuhan bed,” ungkap Bagoes.

Bagoes menghimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Malang. Salah satu upayanya, dengan tetap menjaga jarak atau physical distancing (berupa pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermo gun, cuci tangan dengan air yang mengalir, penyemprotan tangan dengan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan).

“Peninjauan kesiapan safe house ini kita lalukan guna memastikan kesiapan Muspika Poncokusumo dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan pengadaan ruang isolasi mandiri perawatan pasien Covid-19 dan tetap mematuhi prokes di masa PPKM darurat ini, demi kepentingan dan keselamatan bersama,” tegasnya.

Selain wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kapolres Malang yang masih dua bulan menjabat ini juga meninjau langsung keberadaan Safe House di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Pihaknya berharap seluruh kecamatan berjumlah 30 kecamatan se Kabupaten Malang itu, mempunyai Safe House.

Safe house di Turen terletak di SDN 1 Kelurahan Turen, Kecamatan Turen Kabupaten Malang. “Safe house ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran pada anggota keluarga oleh warga yang isolasi mandiri, dan setiap kondisi warga dapat diawasi dengan mudah,” papar Bagoes.

Bagoes menegaskan, untuk semua unsur Satgas Covid-19, ditekankan untuk mengawasi dengan ketat kondisi warga yang melakukan isolasi di Safe House. “Karena tugas utama kita hari ini, lebih pada menyelamatkan nyawa manusia. Kami berharap seluruh masyarakat bersama-sama mematuhi aturan selama PPKM Darurat ini,” tambah Bagoes.

Bagoes menguraikan, akan diadakan kegiatan-kegiatan khusus untuk warga yang isolasi di Safe House tersebut. Seperti berjemur, senam pagi, dan kegiatan lain yang menunjang imun tubuh.

“Peninjauan safe house ini kita lakukan demi menekan angka penyebaran Covid-19 di masa PPKM darurat ini, dan sebagai contoh bahwa Covid-19 ini tidak bisa dianggap enteng,” pungkasnya. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar