Pendidikan & Kesehatan

Ruang Isolasi RSUD Ibnu Sina Gresik Penuh

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Imbas kasus positif Covid-19 mengalami kenaikan menyebabkan ruangan isolasi di RSUD Ibnu Sina Gresik penuh tidak bersisa. Bahkan, ada sejumlah pasien yang terpaksa menginap di instalasi gawat darurat (IGD).

Wakil Direktur RSUD Ibnu Sina Maftukan mengatakan, saat ini kelima ruang isolasi sudah diaktifkan sepenuhnya setelah beberapa waktu lalu hanya diaktifkan satu ruangan karena penuh. Ruangan itu di antaranya HCU, Gardena, IXIA, Heliconia, dan Mawar. Dari sekitar 145 tempat tidur (TT) covid itu tinggal menyisakan 29 TT.

“Perlu diingat, sisa 29 TT itu hanya digunakan pasien tertentu, misalnya ibu hamil di ruang bougenvil, atau pasien anak di ruang mawar,” tuturnya, Rabu (6/01/2021).

Akibat ruangan penuh, rumah sakit tipe B itu bakal memutar otak apabila terdapat pasien Covid-19 kembali masuk. Hingga kemarin siang saja terdapat 14 pasien yang menginap di IGD. Mereka rata-rata menunggu hasil swab PCR tes.

Seperti diketahui, tingkat okupansi rumah sakit di sejak akhir tahun lalu terus meningkat. Pasalnya, pemerintah pusat kemarin mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk semua daerah di Jawa-Bali yang harus lebih diperketat. Pembatasan itu meliputi perubahan sistem kerja menjadi work from office 25 persen dan work from home (WFH) 75 persen.

Kemudian kegiatan pembelajaran masih daring, pembatasan jam buka pusat pembelanjaan sampai jam 19:00 wib. Begitu pula restoran hanya boleh 25 persen pengunjung atau take away. Rencananya, PSBB itu akan diberlakukan mulai 11-25 Januari 2021.

Terkait kebijakan tersebut Satgas Covid-19 Pemkab Gresik masih belum mengambil sikap. Sebab, kebijakan itu baru saja dikeluarkan.

Kabag Humas Pemkab Gresik Reza Pahlevi mengatakan, secara garis besar Perbup 22/2020 sudah mewakili PSBB itu. Namun untuk lebih teknisnya tentunya Satgas akan melakukan rapat untuk menghasilkan keputusan.

“Baru saja minggu ini kami WFH, kemudian pembelajaran PTM ditunda, untuk yang lain nanti tentu akan dibahas dalam rapat satgas,” pungkas Reza. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar