Pendidikan & Kesehatan

Ruang Isolasi Covid-19 RSUD Sumenep Penuh, Pemkab Alihkan ke Gedung SKD Batuan

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menyiapkan ruang isolasi darurat bagi pasien Covid-19, menyusul mulai penuhnya ruangan isolasi di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep, seiring meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami menyiapkan ruangan di gedung SKD (Sarana Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan) Batuan sebagai tempat isolasi darurat,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, Senin (15/06/2020).

Ia menjelaskan, SKD dipilih sebagai tempat isolasi pasien Covid dengan pertimbangan dari segi fasilitas dianggap cukup memadai, termasuk jumlah ruangan.

“Saat ini di SKD ada 17 kamar yang bisa ditempati sebagai ruang isolasi bagi pasien positif corona. Kemudian juga terdapat tiga ruangan untuk perawat dan dokter, dua kamar untuk ruang cleaning service dan logistik serta satu ruangan khusus,” paparnya.

Selain jumlah ruangan yang cukup banyak, di SKD Batuan juga memiliki tempat olahraga, tempat untuk berjemur dan juga terdapat tempat relaksasi. Dengan demikian, SKD dianggap sebagai rumah isolasi darurat yang lebih nyaman bagi pasien.

“Kalau dari sisi tempat, kami kira lebih nyamanlah dibandingkan di rumah sakit. Kalau di rumah sakit kan bercampur dengan pasien lain. Kalau di SKD nanti memang khusus untuk rumah isolasi. Sekarang ini fasilitas sudah siap semua. Jadi apabila ada pasien, bisa langsung akan diarahkan ke SKD,” terangnya.

Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sumenep terus bertambah. Saat ini tercatat ada 18 orang yang positif. Satu diantaranya meninggal, dan empat lainnya sembuh. Dari 13 pasien yang masih dirawat, 2 diantaranya menjalani perawatan di Surabaya, dan 1 dirawat di RSI Kalianget.

“Jumlah ruang isolasi di RSUD Sumenep hanya 9 kamar. Karena yang dirawat 10 pasien, maka ada satu kamar yang terpaksa ditempati dua pasien. Karena itulah kami menyiapkan rumah isolasi di SKD Batuan,” ujarnya. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar