Pendidikan & Kesehatan

RSUD Sampang Rawat 6 Pasien Covid-19 Asal Bangkalan

RSUD Sampang.

Sampang (beritajatim.com) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn Kabupaten Sampang, merawat enam orang pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Pasen ini memang sengaja datang sendiri ke rumah sakit, bukan rujukan dari Bangkalan,” terang dr Agus Akhmadi, Direktur RSUD Sampang, Kamis (10/6/2021).

Lanjut Agus, melihat dari hasil swab PCR para pasien ini tertular virus varian baru jenis Alpha B1.1.7. Sehingga, kedatangan pasien dari kabupaten sebelah tersebut menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya ruangan dan fasilitas serta SDM terbatas. Ditambah lagi, kondisi masyarakat yang terkadang abai terhadap penerapan prokes.

“Yang saya khawatirkan adalah kemampuan SDM dan sarananya. Sebab kita belum punya RS lapangan,” imbuhnya.

Masih kata Agus, dalam peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Sampang jumlah pasien bertambah tiga, yakni berasal dari Kecamatan Sampang dan Banyuates. Sementara pasien meninggal bertambah satu orang dan yang sembuh dua orang. Hingga kemarin kasus aktif pasien Covid-19 mencapai 12 orang.

Terpisah, Kabid P2P Dinkes dan KB Sampang, dr. Yuliono menegaskan, pihaknya terus menelusuri serta berupaya mencegah sebaran virus dengan cara melakukan penyekatan pengendaran di beberapa titik pintu masuk Kabupaten Sampang. Di antaranya di Kecamatan Jrengik, Banyuates, Tambelangan, dan Sreseh. Di samping itu, pihaknya menambah posko di monument Trunojoyo dan Kecamatan Camplong.

“Di posko kita lakukan tes swab antigen kepada para penguna jalan yang melintas,” pungkasnya. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar