Pendidikan & Kesehatan

RSU dr Soetomo Isolasi Satu Pasien, Direktur: Negatif, Hanya Flu Biasa

Direktur Utama RSU dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi

Surabaya (beritajatim.com) – Direktur Utama RSU dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi menegaskan, pihaknya saat ini sedang merawat satu orang pasien yang diduga Covid-19 di Ruang Isolasi. Ini karena pasien mengalami batuk-batuk dan demam.

“Tapi hasil pemeriksaan negatif, flu biasa,” kata dr Joni dikonfirmasi¬†beritajatim.com, Sabtu (14/3/2020).

Artinya, hingga saat ini belum ada sama sekali pasien yang positif terjangkit virus Corona di RSU dr Soetomo?

“Kita berdoa nggak ada ya. Cuma ada satu pasien yang kita rawat dengan keluhan batuk dan panas, masuk ke ruang isolasi. Tapi Alhamdulillah, hasil tesnya negatif semua. Baik yang dikirim Institute Tropical Disease (ITD) Unair Surabaya dan Balitbangkes, negatif,” tegasnya.

Dia menjelaskan, bahwa RSU Soetomo hanyalah rujukan pasien dari rumah sakit lain. Ia menegaskan, di RSU dr Soetomo tidak ada screening corona. Hal itu telah sesuai arahan Kemenkes RI.

“Jadi, tidak ada yang minta tes screening corona. Tetapi bila ada pasien yang memang sudah dicurigai, mulai dari gejala, riwayat dari luar negeri, baru kita masukkan ke ruang isolasi, seperti ciri-ciri yang dikeluarkan Kemenkes ada 33 item,” tuturnya.

Bagaimana pasien yang dirawat di Ruang Isolasi RSU dr Soetomo, dia memastikan keadaannya hingga saat ini telah membaik.

“Negatif, saya sudah senang, dari hasil Balitbangkes dan ITD Unair juga negatif. Tapi yang jadi pegangan kami Balitbangkes. Untuk kondisinya ada perbaikan sekarang, masih pakai mesin cuma membaik. Kalau bisa dipisah dari mesin akan kita pisah pelan-pelan. Ya, awalnya dia punya tanda batuk, pilek, sesek, kita rontgen ada pneumonia,” jelasnya.

Mengenai kabar ada tiga orang menurut Dinkes Jatim yang masih menunggu hasil lab, dia memastikan Soetomo hanya merawat satu orang. “Di Soetomo satu saja. Saya nggak tahu ya, mungkin lo di RS Unair ada dua. Tapi di saya (Soetomo) sudah negatif,” pungkasnya. (tok/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar