Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

RSTKA Unair Akan Beri Pelatihan Rumah Sakit Kebencanaan di RS Pasirian Lumajang

RSTKA Universitas Airlangga

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah Satu bulan terjun langsung membantu korban Erupsi Semeru, Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) akan melakukan pelatihan Hospital Dissaster Plan atau Perencanaan Rumah Sakit Kebencanaan ke RSUD Pasirian, Lumajang. RSUD Pasirian sendiri menjadi rumah sakit jujukan pertama evakuasi korban luka serius saat erupsi Gunung Semeru Desember lalu.

Ini disampaikan oleh Dokter Agus Harianto, Sp.B (k) saat menghadap Dekan FK UNAIR untuk melaporkan kepulangan para relawan, “rencananya kami bersama RSUD Dr. Soetomo akan melaksanakan pelatihan di tanggal 17 dan 18 Januari nanti,” terangnya.

Diharapkan, melalui pelatihan ini, rumah sakit daerah ini bisa lebih sigap dan siap melakukan pelayanan kesehatan di situasi emergensi. Apalagi RSUD Pasirian merupakan rumah sakit rujukan terdekat dan terbesar di area lokasi Semeru.

Diketahui, Tim Gabungan yang terdiri dari Dokter dari FK UNAIR-RSUD Dokter Soetomo sendiri juga membantu melakukan tindakan operasi pada pasien luka bakar baik di RSUD Pasirian dan RS Haryoto.

13 Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan 14 PPDS bedah plastik diterjunkan untuk menangani keadaan emergensi. Beberapa tindakan bedah plastik seperti skin graft dan perawatan luka bakar juga dilakukan secara intensif.(ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar