Pendidikan & Kesehatan

RSSA Malang Bentuk Tim Khusus Penanganan Virus Corona

Tim khusus pencegahan virus corona RSSA Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang membentuk tim khusus dan menyiapkan ruang isolasi untuk mengantisipasi wabah virus corona. Tim khusus yang dibentuk RSSA terdiri dari 30 tenaga medis.

Sekretaris Tim Penyakit Infeksi Emerging Disease RSSA Kota Malang, dr.Rezki Tantular mengatakan, RSSA menjadi salah satu rumah sakit rujukan wabah virus corona selain Rumah Sakit dr. Seotomo, Surabaya dan Rumah Sakit Soebandi, Jember di Jawa Timur.

“Tim ini terdiri dari dokter spesialis seperti paru, mikrobiologi, patologi dan radiologi hingga perawat. Tim khusus ini mengantisipasi jika ada pasien terjangkit virus corona, terdiri dari 30 orang multi disiplin,” ujar Rezki, Rabu, (29/1/2020).

Rezki mengatakan, sejauh ini memang belum ada ditemukan pasien positif virus corona, tetapi posisi Indonesia menjadi negara yang rawan terserang wabah asal Wunan, China ini. Apalagi, jumlah negara pasien positif virus corona sudah bertambah menjadi 16 negara, termasuk negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Australia.

Selain menyiapkan tim khusus, RSSA Malang juga menyiapkan lima ruang isolasi. Ruang-ruangan khusus ini sebelumnya sudah digunakan dalam penanganan virus virus SARS dan MERS hingga menjadi ruang karantina flu burung.

“Kami sudah menyiapkan lima ruang isolasi untuk menampung pasien yang terjangkit virus corona. Ruang isolasi pernah menangani kasus SARS 6 pasien, kasus MERS kami memeriksa beberapa jamaah haji asal Malang. Tapi semuanya masih terduga belum positif,” tandas Rezki. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar