Pendidikan & Kesehatan

RSLI dan Kodam V/Brawijaya Donor Massal Plasma Konvalesen

angdam memerintahkan Kakesdam V/Brawijaya yang sekarang juga menjabat Karumkit RS Lapangan KOGABWILHAN II Indrapura Surabaya, Kolonel Ckm dr Djanuar Fitriadi, Sp.B., untuk melakukan pendataan seluruh jajaran Kodam V/Brawijaya

Surabaya (beritajatim.com) – Permintaan dan kebutuhan akan plasma darah konvalesen bagi penderita Covid-19 pada stadium sedang dan berat semakin hari semakin meningkat.

Mencermati banyaknya permintaan plasma konvalesen pada pasien Covid-19 yang dirawat di berbagai rumah sakit, khususnya di Jatim direspon dengan cepat oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto.

Pangdam memerintahkan Kakesdam V/Brawijaya yang sekarang juga menjabat Karumkit RS Lapangan KOGABWILHAN II Indrapura Surabaya, Kolonel Ckm dr Djanuar Fitriadi, Sp.B., untuk melakukan pendataan seluruh jajaran Kodam V/Brawijaya, yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari hasil pendataan, didapatkan 332 anggota jajaran Kodam V/Brawijaya yang pernah terkonfirmasi Covid-19, berjenis kelamin laki-laki, tanpa adanya komorbid atau penyakit penyerta.

Untuk Surabaya dan sekitarnya, termasuk Korem 081, Korem 084 Bhaskara Jaya, dan di daerah daerah Mojokerto, sebanyak 247 orang terdata dan siap untuk melaksanakan screening plasma konvalesen yang diselenggarakan di RS Lapangan indrapura pada Senin dan Selasa, 18-19 Januari 2021.

Sedangkan untuk wilayah malang dan sekitarnya terdata sejumlah 85 personel yang untuk selanjutnya akan mengikuti screening pendonor plasma konvalesen pada Kamis dan Jumat nanti di Malang. Sehingga, total keseluruhannya 332 orang anggota dari Kodam V/Brawijaya, yang akan discreening untuk kesesuaian, atau kelayakan mereka sebagai donor plasma darah konvalesen.

Screening donor darah plasma konvalesen dilaksanakan di Plaza Lantai 1 Rumah SakitĀ  Lapangan Kogabwilhan II (RSLKI) Indrapura, Kota Surabaya, Senin (18/1/2021)mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Kodam V/Brawijaya, Tim Plasma Konvalesen RSLKI, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, dan Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 (PPKPC-RSLKI) serta Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen.

angdam memerintahkan Kakesdam V/Brawijaya yang sekarang juga menjabat Karumkit RS Lapangan KOGABWILHAN II Indrapura Surabaya, Kolonel Ckm dr Djanuar Fitriadi, Sp.B., untuk melakukan pendataan seluruh jajaran Kodam V/Brawijaya

Kegiatan ini akan dilanjutkan pada Selasa, 19 Januari 2021 di tempat dan waktu yang sama. Di tempat yang sama, juga dilaksanakan donor darah umum/penuh yang dilayani oleh mobil UTD PMI Surabaya. Ini sekaligus sebagai layanan bagi para pendonor yang tidak lolos mendonorkan plasma konvalesen karena titer IgG /antibody Covid-19nya kurang atau tidak memenuhi syarat. “Jadi, mereka yang tidak lagi memiliki antibody Covid-19 tetap bisa mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan,” kata Djanuar.

Kakesdam V/Brawijaya, Kolonel Ckm dr Djanuar Fitriadi, Sp.B., berharap seluruh masyarakat Jawa Timur baik dari TNI, maupun masyarakat umum, bisa memanfaatkan plasma darah konvalesen yang didonorkan oleh jajaran TNI Angkatan Darat di wilayah Kodam V/Brawijaya. “Semoga bisa memberikan manfaat bagi warga Jawa Timur, dan kegiatan serupa bisa ditiru dan dilaksanakan oleh banyak orang dan komunitas, sehingga kebutuhan plasma darah konvalesen dapat segera terpenuhi,” pungkas Djanuar. (tok/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar