Pendidikan & Kesehatan

RSD Balung Berikan Penghormatan Terakhir untuk Staf yang Meninggal Akibat Covid

Direktur RSD Balung Nafisah

Jember (beritajatim.com) – Rumah Sakit Daerah Balung di Kabupaten Jember, Jawa Timur, memberikan penghormatan terakhir terhadap salah satu staf keuangan yang meninggal karena Covid-19.

Hal ini diungkapkan Direktur RSD Balung Nafisah, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Jember, Selasa (10/11/2020). Keberangkatan jenazah itu disaksikan para karyawan RSD Balung yang berdiri berjejer halaman rumah sakit tersebut.

“Ia meninggal di RS Daerah dr. Soebandi. Kami mohon izin kepada Satuan Tugas Covid dan kepolisian untuk memberikan penghormatan terakhir, dengan cara mobil jenazah dan patwal kepolisian lewat dan kami memberikan penghormatan terakhir, lalu menuju ke makam,” kata Nafisah.

Setelah ada karyawan yang terkena Covid, manajemen RSD Balung langsung melakukan pelacakan jejak asal-muasal penularan. Hasilnya negatif, tak ada satu pun pegawai RSD Balung yang terkena Covid. “Kesimpulannya dia terkena bukan dari rumah sakit, tapi dari luar,” kata Nafisah.

“Sesuai imbauan dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) soal patient safety, kami harus safe dulu untuk tenaga kesehatan yang pertama, atau keluarga di rumah sakit sendiri benar-benar kami lindungi untuk APD (Alat Pelindung Diri) san sebagainya. Bahkan dari depan kami sudah mengatur mana zona hijau, zona kuning, mana zona merah, dan APD apa saja yang harus dipakai,” kata Nafisah.

Nafisah sempat meminta kepada suami almarhumah staf keuangan tersebut untuk menjalani tes usap. Namun permintaan itu ditolak. “Akhirnya kami bekerjasama dengan puskesmas untuk pemantauan suami almarhuimah ini,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar