Pendidikan & Kesehatan

RS UMM Layani Puluhan Persalinan Pasien Positif Covid-19

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi dosis 3 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Malang(beritajatim.com) – Rumah Sakit (RS) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat layanan persalinan bagi ibu yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam kurun waktu satu bulan sebanyak 40 persalinan mereka tangani.

“Dalam waktu satu bulan terakhir ini ibu yang bersalin ada 30 sampai 40 orang. Sebanyak 20 orang menjalani lahiran dengan seksio (operasi sesar) di RS kami karena memungkinkan untuk operasi,” kata Kepala RS UMM khusus Covid-19, dr Djoni Djunaidi, Selasa, (3/8/2021).

Djoni mengatakan, bahwa mereka telah memiliki ruang bersalin sendiri bagi pasien positif Covid-19. Ruang bersalin khusus ini demi pencegahan bayi terinfeksi Covid-19 dari ibunya. Selain itu, merekanjuga menyedikan layanan hemodialisis atau cuci darah bagi pasien positif Covid-19. Sejauh ini mereka sudah menanganani 12 pasien.

“Kami punya ruang bersalin khusus untuk ibu yang terkonfirmasi dan bayinya. Bayinya kami tempatkan di ruangan yang lebih besar agar terbebas dari Covid-19. Kalau ibunya terkonfirmasi Covid-19 tetap di ruang isolasi. Jadi terpisah dari ibunya,” imbuh Djoni.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memuji langkah RS UMM yang menyediakan persalinan khusus dan layanan hemodialisis khusus bagi pasien positif Covid-19. Menurutnya, tidak banyak RS di Jatim yang membuat layanan seperti RS UMM.

“Tidak banyak RS yang menyiapkan hemodialisis bagi mereka yang terkonfirmasi Covid-19. RS ini memberikan layanan bagi ibu yang akan melahirkan dan terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk seksionya. Ini bukan hal sederhana,” tandasnya. (Luc/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar