Pendidikan & Kesehatan

RS Rujukan Covid-19 di Kabupaten Malang Sudah Penuh

Malang (beritajatim.com) – Rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Kota Malang dan Kota Batu dikabarkan sudah overload. Pemerintah setempat kedua daerah tersebut harus memutar otak untuk mencari rumah sakit alternatif di daerah tetangga guna menampung pasien Covid-19 jika ada penambahan.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten, drg Arbani Mukti Wibowo mengatakan rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Malang juga sudah penuh. “Ya, 126 ruang isolasi sudah penuh untuk merawat pasien terduga terpapar atau terpapar Covid-19,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, Rabu (2/12/2020).

Sebagai informasi, rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di Kabupaten Malang ada 4, yakni RSUD Kanjuruhan, RSI Gondanglegi, Wava Husada, dan RSU Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan saat ini ketersediaan ruang isolasi dari keeempat rumah sakit itu sudah penuh.

Menurut Arbani, pasien baru yang akan dirawat dialihkan ke RS lain yang bukan rujukan. Namun, payahnya ketersediaan ruang isolasi RS lain di Kabupaten Malang juga sudah penuh.

Dengan kondisi itu, Arbani mengaku akan segera meminta bantuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Ya dengan ini kami akan minta bantuan untuk jumlah pasien yang dirawat bisa overload (melebihi kapasitas) ini. Tapi ini belum mengajukan secara resmi, dan secepatnya nanti kami ajukan permintaan bantuan,” tutur Arbani.

Arbani menjelaskan bantuan itu berupa akses perawatan pasien terduga terpapar atau terpapar Covid-19 bisa dirawat di daerah lain. “Kami ingin nantinya bisa lah akses untuk ke daerah lain. Semoga bisa dan dibantu oleh Pemprov Jatim,” pungkasnya. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Pizza Meat Lover Menu Berbuka Favorit Anak

Resep Rawon Iga Lunak Cocok untuk Berbuka

Pameran Lukisan Anak Berkebutuhan Khusus

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk