Pendidikan & Kesehatan

Permintaan Plasma Meningkat

RS Ini Buka Donor Plasma Konvalesen Secara Individu

Surabaya (beritajatim.com) – Rumah Sakit Manyar Medical Center bersinergi dengan Palang Merah Indonesia untuk menunjang terapi penyembuhan covid 19. Caranya dengan upaya menambah kebutuhan darah plasma konvalesen untuk para pasien yang membutuhkan.

Kerjasama dengan rumah sakit swasta pertama pun dilakukan oleh PMI, dengan melakukan donor yang dilakukan oleh para karyawan RS Manyar Medical Center yang telah menjadi penyitas covid 19.

dr. Syamsul Affandi, Ketua Panita donor plasma konvalen mengatakan kegiatan ini diadakan karena permintaan plasma cukup tinggi setiap harinya mencapai 3 hingga 4 pasien yang membutuhkan dan di PMI juga susah dan menunggu. Maka dengan kondisi ini pihak rumah sakit swasta ini membuat donor plaama darah yang diperuntunkan untuk pasien rumah sakit sendiri.

“Permintaan plasma di rumah sakit ini cukup tinggi satu hari bisa 3 hingga 4 pasien dan kalau minta di PMI selalu waiting list dan panjang antreannya makanya kita inisiatif melakukan donor plasma dari para penyitas karyawan hotel dan masyarakat luar. Ada sekitar 50 orang yang telah mendaftar,”ungkap dr Syamsul Affandi, Kamis (29/7/2021).

Lebih lanjut dikatakan dr Syamsul, permintaan yang cukup tinggi di rumah sakit ini membuat BOR rumah sakit juga penuh setiap hari. Karena rata-rata pasien yang masuk ke rumah sakit yang berada di Surabaya Timur ini sudah salam gejala sedang dan berat.

“Bor kita 100 persen penuh hingga saat ini, kapasitas kita 27 bed itu termasuk ruang Icu dan ruang perawatan. Kenapa seperti ini karena pasien yang datang rumah sakit rata – rata sudah bergejala sedang dan berat, maka kita berharap lain kali tidak seperti ini kenali sejak awal karena jika sudah seperti itu mencari plasmanya susah,”imbunya.

Sementara itu dr Martono Adi Triyogo, UDD PMI Kota Surabaya mengatakan menurut data harian masyarakat ini membutuhkan darah plasma konvalen sebanyak 80 hingga 100 kantong perhari, sedangkan di PMI hanya bisa menerima pendomor sebanyak 40 penyitas perhari.

Maka jika ada sinergi seperti ini tentu sangat membantu meringankan, terutama pihak swasta hal ini tentu sangat positiv untuk menunjang penyembuhan di rumah sakit sendiri.

‘Benar stok di PMI ini selalu habis setiap hari karena apa kita hanya bisa menerima 40 penonor dan yang dibutuhkan setiap hari 80 hingga 100 kantong plasma dan harus menunggu antrean mereka tidak bisa langsung dapat,” imbuhnya.

Adapun untuk persyaratan mekanisme pendonor yakni mendaftarkan secara online,melalui seleksi pendonor administratif, screening atau pemeriksaan fisik, pengambilan sampling, penjadwalan untuk pengambilan darah lalu pengambilan darah untuk donor plasma konvalen. [way/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar