Pendidikan & Kesehatan

RS di Malang Lakukan Vaksinasi di Taman Agar Warga Rileks

Vaksinasi di Taman Slamet Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – RS Puri Galeri Bersalin Kota Malang menerjunkan para tenaga kesehatan untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat umum di Taman Slamet, Klojen, Kota Malang. Taman ini berada di sekitaran rumah sakit.

Selain untuk menerapkan physical distancing, vaksinasi di taman diharapkan bisa membuat warga yang divaksin lebih rileks alias tidak tegang. Sirkulasi udara di taman lebih bagus. Vaksin yang diberikan berjenis astrazeneca.

“Kalau kita adalah di dalam ruangan tentunya akan banyak orang berkumpul. Sedangkan di ruang terbuka penerapan protokol kesehatannya bisa lebih mudah. Apalagi jika di dalam ruangan dikhawatirkan mengganggu pelayanan poli, karena di rumah sakit otomatis banyak pasien yang sakit,” kata vaksinator RS Puri Galeri Bersalin Kota Malang, dr. Nadya Noor, Selasa, (8/6/2021).

Nadya mengatakan, RS Puri Galeri Bersalin mendapat jatah vaksin Astrazeneca seri 546 sebanyak 750 dosis. Vaksinasi untuk masyarakat umum dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis. Selama sehari mereka melakukan vaksinasi pada 100 hingga 110 orang. Karena untuk satu vial mereka bisa memberikan untuk 10 sampai 11 dosis.

“Setelah mendapatkan jatah vaksinasi, masyarakat yang bersangkutan kita jadwalkan. Sebelum vaksinasi, peserta mengikuti proses screening sesuai panduan Kemenkes. Kalau dulu ada empat meja, sekarang cukup dua meja. Tetapi prosesnya sama, mulai screening tanda-tanda vital, denyut nadi, tekanan darah, saturasi oksigen, suhu, riwayat penyakit atau pernah terkonfirm Covid atau tidak,” ujar Nadya.

Untuk bisa mengikuti vaksinasi masyarakat umum bisa langsung mendaftar melalui layanan WhatsApp yang disediakan rumah sakit. Namun di RS tersebut saat ini kuotanya telah penuh. Bagi mereka yang lolos screening, bisa langsung disuntik, setelah itu observasi 30 menit. Tetapi kalau tidak lolos screening harus ditunda, nanti dijadwalkan ulang

Salah satu masyarakat umum yang ikut adalah Euneke Krisna. Dia mengaku lebih rileks saat mengikuti vaksinasi di taman. Untuk mendapatkan vaksinasi, warga Jalan Ngantang Kota Malang ini antre sekitar satu Minggu setelah mendaftar.

“Nuansanya beda vaksin di taman. Enak lebih rileks daripada vaksin di rumah sakit. Memang sedikit sakit saat disuntik, tetapi tidak khawatir divaksin katena kan buat kesehatan,” tandasnya. (Luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar