Pendidikan & Kesehatan

Rp 127 M Anggaran Covid Jember Sudah Terpakai

Sekretaris Satuan tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Satuki

Jember (beritajatim.com) – Penanganan Covid-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sudah memakan anggaran Rp 127 miliar dari Rp 479,5 miliar yang dialokasikan. Namun surat pertanggungjawaban masih belum lengkap.

Sekretaris Satuan tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, Satuki, mengatakan belum lengkapnya surat pertanggungjawaban ini dikarenakan petugas yang menangani terpencar di sejumlah organisasi perangkar daerah. “Saya melihat tinggal mengumpulkan dan tinggal membendel saja. Terakhir pada Desember dikumpulkan jadi satu di BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),” katanya.

Kendati masih berstatus pelaksana tugas di BPBD Jember, Satuki mengatakan, tak ada hambatan regulasi dalam penandatanganan surat pertanggungjawaban. Sementara itu sisa anggaran Covid-19 yang belum terpakai, menurut Satuki, masih di kas daerah. “Tidak kami utik-utik,” katanya.

Satuki mengaku lupa anggaran terbesar dialokasikan untuk sektor apa. “Sepertinya JPS (Jaring Pengaman Sosial). Mohon maf saya lupa,” katanya.

Sebagaimana diberitakan tempo hari, Badan Pemeriksa Keuangan yang melakukan audit pelaksanaan anggaran pada pertengahan Oktober 2020 lalu memberikan catatan kepada Pemerintah Kabupaten Jember. “Misalnya SPj-SPj (Surat Pertanggungjawaban) belum semuanya mereka dapatkan, karena untuk pelaksanaan (penanganan) Covid, ada kelonggaran (pertanggungjawaban) sampai Desember. Karena ada kelonggaran itu, maka kemudian SPj belum didapat semua,’ kata Pelaksana Tugas Bupati Abdul Muqiet Arief, Kamis (15/10/2020).

Muqiet sudah menyampaikan kepada seluruh OPD agar kelengkapan administratif tak perlu menunggu hingga Desember 2020. “Supaya nanti tidak repot, jadi dicicil sejak awal,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar